Google Chrome Pamit dari Windows 7 Tahun 2022, Ganti OS atau Pindah Browser?

Kamis, 30 Desember 2021 | 13:35 WIB   Penulis: Arif Budianto
Google Chrome Pamit dari Windows 7 Tahun 2022, Ganti OS atau Pindah Browser?

ILUSTRASI. Google Chrome pamit dari Windows 7 pada tahun 2022, harus ganti OS atau pindah browser?


KONTAN.CO.ID - Harus ganti OS atau pindah browser? Google Chrome segera meninggalkan dukungan Windows 7 mulai 15 Januari 2022.

Browser menjadi alat yang kerap kali digunakan pengguna laptop, PC, hingga smartphone untuk menjelajahi dunia maya. Hingga saat ini, sudah banyak aplikasi browser yang tersedia secara gratis.

Kendati demikian, Google Chrome menjadi salah satu browser yang cukup populer. Diciptakan oleh raksasa teknologi Google, browser yang satu ini memberikan pengalaman yang mudah untuk penggunanya dalam menjelajahi dunia maya.

Tampilannya pun cukup mudah dipahami, apalagi untuk pengguna baru. Google Chrome juga hadir untuk berbagai macam platform, seperti Android, iOS, Windows, Linux hingga macOS.

Berbicara tentang Google Chrome, ada kabar yang kurang sedap dari browser yang satu ini. Sebab, tahun 2022 bukanlah tahun yang baik untuk pengguna Google Chrome, khususnya di Windows 7. 

Baca Juga: Tips Simpel Download Video YouTube Lewat Savefrom, Bisa Pakai Laptop atau Smartphone

ILUSTRASI: Windows 7

Mengutip dari laman resmi Google Cloud, dukungan untuk Google Chrome yang telah diperlanjang di Windows 7 akan segera berakhir. Semula yang dijadwalkan berakhir pada 15 Juli 2021 akhirnya mendapatkan perpanjangan enam bulan.

Mau tidak mau, pengguna yang ingin tetap aman menggunakan Google Chrome harus melakukan upgrade ke versi Windows yang lebih tinggi. Seperti Windows 8, 8.1, 10, atau 11 yang paling baru.

Namun, Google menambahkan, pengguna Google Chrome enterprise masih akan mendapatkan dukungan keamanan dan stabilitas hingga tahun 2023.

Apakah ke depan Google Chrome masih dapat digunakan di Windows 7?

Baca Juga: Samsung Akan Tinggalkan Android? Inilah OS Penggantinya yang Bernama Fuchsia OS

Kalau hanya sekadar digunakan mungkin masih bisa, tapi dengan catatan sudah tidak mendapatkan update atau pembaharuan. Dengan demikian, tidak ada jaminan keamanan maupun stabilitas menjalankan Google Chrome di Windows 7 mulai tahun 2022.

Satu-satunya jalan bila Anda ingin tetap menggunakan Google Chrome adalah mengganti atau upgrade OS ke versi Windows yang lebih tinggi.

Tetapi, bila Anda menggunakan laptop atau PC yang spesifikasinya tergolong berat untuk menjalankan versi Windows di atasnya, bisa memilih untuk menggunakan browser yang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru