CLOSE [X]

Samsung Akan Tinggalkan Android? Inilah OS Penggantinya yang Bernama Fuchsia OS

Jumat, 24 Desember 2021 | 11:30 WIB   Penulis: Arif Budianto
Samsung Akan Tinggalkan Android? Inilah OS Penggantinya yang Bernama Fuchsia OS

ILUSTRASI. Samsung Akan Tinggalkan Android? Inilah OS Penggantinya yang Bernama Fuchsia OS


KONTAN.CO.ID - Samsung akan tinggalkan Android? Inilah OS penggantinya yang bernama Fuchsia OS. Sama-sama dikembangkan oleh Google, apa perbedaannya?

Belakangan ini terdengar kabar bahwa Samsung akan migrasi dari Android. OS apa yang bakal menggantikan Android di smartphone Samsung?

Mengutip dari PhoneArena, orang dalam Samsung yang bernama Dohyun Kim mengatakan bahwa raksasa teknologi Korea Selatan ini sedang bersiap untuk meninggalkan Android. Mereka juga telah mempersiapkan penggantinya yakni Fuchsia OS.

Dalam cuitan Twitter Dohyun Kim (@dohyun854), orang yang kerap kali memberikan bocoran tentang perkembangan teknologi, khususnya gadget ini membuat cuitan yang cukup mengejutkan.

Dalam cuitan yang dibuat pada tanggal 22 Desember lalu mengatakan bahwa "Samsung: Bye Android". Setelah itu ia kembali membuat cuitan yang berkaitan dengan postingan sebelumnya, seperti berikut ini: "Samsung: Hello Fuchsia!".

Leaker bernama IceUniverse juga dikabarkan mengungkapkan rumor serupa. Apakah ini pertanda Samsung akan benar-benar akan meninggalkan Android di masa depan?

Menurut Dohyun Kim, migrasi dari Android ke Fuchsia OS membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya ini akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Inilah Pernyataan Resmi Moonton Terkait Skin Eksklusif M3 Blacklist International

Jadi, apa itu Fuchsia OS?

Penampakan Fuchsia OS di HP Honor

Fuchsia OS merupakan sistem operasi (OS) berbasis open source yang dikembangkan oleh Google tahun 2016 lalu. Sejak akhir Mei di tahun yang sama, Google telah menggunakan Fuchsia OS untuk perangkat Nest Hub generasi pertama.

Berbeda dengan Android, Fuchsia OS berbasis mikrokernel terbaru yang disebut Zircon.

Baca Juga: Kumpulan Kode Redeem FF Terbru yang Masih Aktif Desember 2021, Yuk Klaim Sekarang!

OS ini diketahui dapat digunakan untuk berbagai perangkat dan punya banyak keunggulan dibandingkan Android. Salah satunya yakni kemudahan pembaruan.

Dalam laporan Bloomberg pada tahun 2018 lalu, Google kabarnya juga telah mempertimbangkan untuk migrasi perangkat Android dan Chrome, termasuk smartphone besutannya yakni Pixel ke Fuchsia OS.

Menurut Hiroshi Lockheimer dari Google mengindikasikan bahwa smart home akan menjadi titik awal untuk sebuah platform baru.

Keterlibatan Samsung dalam Fuchsia OS ini menjadi jelas ketika mulai berkontribusi pada pengembangan beberapa waktu lalu. Ini juga sekaligus menjadi bukti lebih lanjut bahwa smartphone Samsung bisa saja berjalan di Fuchsia OS di masa depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru