Google Indonesia luncurkan aplikasi bursa kerja bernama Kormo

Rabu, 20 November 2019 | 09:46 WIB Sumber: Kompas.com
Google Indonesia luncurkan aplikasi bursa kerja bernama Kormo

ILUSTRASI. Google Indonesia luncurkan aplikasi bursa kerja bernama Kormo


GOOGLE - JAKARTA. Perusahaan search engine Google meluncurkan aplikasi bursa kerja bernama Kormo. Aplikasi ini mirip LinkedIn yang menghubungkan pencari kerja dengan perusahaan. Kormo sebenarnya sudah dirilis sejak bulan Maret lalu di Indonesia. Namun perusahaan yang ditawarkan masih di sekitar Jakarta. 

Google berencana memperluas mitra perekrutnya ke beberapa kota lain di Indonesia, seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. "Kami telah terkoneksi dengan 25.000 pekerja dan bekerja sama dengan ratusan perusahaan di fase ini," jelas Bickey Russell, Project Lead Kormo dalam acara Google for Indonesia yang digelar di Jakarta, Rabu 20 November 2019. 

Baca Juga: Pelamar CPNS 2019 diprediksi capai 4,5 juta orang

Beberapa perusahaan yang telah merapat ke Kormo di antaranya Bukalapak, Tiket.com, Go-life, Union Group, dan masih banyak lainnya. Ini bukan kali pertama Google menyediakan platform bursa kerja. 

Sebelumnya, Google sudah memiliki fitur job search (lowongan kerja) di Google Search. Namun, menurut Russell, fitur tersebut belum maksimal. "Di banyak kasus, pekerjaan yang sesuai dengan kriteria mereka tidak tersedia di job search," imbuhnya. 

Fitur-fitur Kormo 

Kormo memiliki beberapa fitur lain yang disebut bisa semakin memudahkan pelamar dalam mencari kerja. Fitur-fitur ini pun menjadi pembeda Kormo dengan beberapa platform serupa. 

Baca Juga: AI atau Sistem Pintar

Editor: Handoyo .

Terbaru