Google sematkan fitur deteksi gempa bumi di HP Android, bagaimana cara kerjanya?

Rabu, 12 Agustus 2020 | 08:02 WIB   Reporter: Arif Budianto
Google sematkan fitur deteksi gempa bumi di HP Android, bagaimana cara kerjanya?

ILUSTRASI. Google sematkan fitur deteksi gempa bumi di HP Android, bagaimana cara kerjanya ?

KONTAN.CO.ID - Google baru saja merilis fitur canggih yang deteksi gempa bumi untuk HP Android. Fitur ini canggih ini bakal mengirimikan notifikasi atau pemberitahuan ke HP Android pengguna jika terjadi gempa bumi di wilayah sekitar. Bagaimana cara kerjanya ?

Kita tidak pernah mengetahui kapan gempa bumi terjadi. Setidaknya setiap hari terjadi gempa bumi di seluruh belahan dunia. Dengan adanya informasi yang cepat dan tepat terkait gempa bumi yang terjadi bisa menolong nyawa jutaan manusia lewat HP Android.

Bekerja sama dengan berbagai pihak, Google menambahkan sistem pada HP Android dapat mendeteksi gempa bumi. Teknologi yang digunakan berbasis ShakeAlert memberikan informasi data seismometer untuk memperingatkan pengguna HP Android terkait gempa bumi. 

Baca Juga: Lebih dari 1 miliar HP Android dengan chipset snapdragon beresiko dicuri datanya

Dengan begitu mereka dapat memanfaatkan detik-detik berharga untuk berlindung dan menyelamatkan diri dari gempa bumi. Untuk pengujian pertama Google melakukannya di California dan baru tersedia di wilayah tersebut.

Selain memanfaatkan teknologi ShakeAlert, sensor akselerometer pada HP Android juga berfungsi sebagai deteksi gempa. Jika berpotensi gempa di suatu wilayah, maka sensor akselerometer pada HP Android akan mengirimkan datanya ke server deteksi gempa Google.

Tidak hanya HP Android milik Anda, pengguna lain di wilayah juga bakal mengirimkan data atau informasi terkait gempa bumi ke server Google. Dengan demikian informasi pendukung semakin akurat untuk menyimpulkan apakah terjadi gempa bumi.

Alhasil HP Android bakal mendapatkan notifikasi berupa gempa bumi lengkap dengan informasinya, termasuk sumber gempa dan besaran getarannya.

Tidak hanya itu saja, pengguna HP Android juga bakal mendapatkan langkah-langkah penyelamatan saat terjadi gempa bumi. Seperti berlindung di bawah meja hingga keluar dari ruangan.

Mengutip dari blog resmi Google, bekerja sama dengan pakar bencana alam Dr. Richard Allen, Dr. Qingkai Kong, dan Dr. Lucy Jones mereka bakal menghadirkan fitur pendeteksi gempa bumi ini di seluruh dunia.

Untuk saat ini sayangnya baru terbatas di wilayah California, Amerika Serikat. 

Namun demikian, langkah yang dilakukan Google ini sangatlah membantu. Dengan deteksi gempa bumi pada HP Android, jutaan manusia yang kini tak lepas dengan HP bisa lebih waspada.

Anda bisa melihat bagaimana fitur deteksi gempa bumi bekerja di HP Android melalui video di bawah ini :

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru