Google umumkan Android 11 Go, OS ringan dan cepat untuk HP dengan RAM 2 GB

Jumat, 11 September 2020 | 07:28 WIB Sumber: 9To5Google
Google umumkan Android 11 Go, OS ringan dan cepat untuk HP dengan RAM 2 GB


HP ANDROID - Setelah Android 11 versi final rilis, Google umumkan Android 11 Go. Gokilnya, Android 11 Go bisa berjalan lancar di ponsel yang ukuran RAM-nya hanya 2 GB.

Android merupakan sistem operasi (OS) yang umum digunakan pada ponsel pintar. Sebagai sumber terbuka (open source) membuat Android dimanfaatkan oleh vendor atau produsen ponsel pintar sebagai OS utamanya.

Sedikit menengok ke belakang, versi Android yang pertama populer yakni Cupcake (1.5). Android Cupcake rilis tahun 2009 lalu untuk beberapa ponsel pintar yang ada di pasaran saat itu.

Seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan, OS Android pun mendapat segudang peningkatan. Mulai dari versi hingga fitur yang ditawarkan.

Tidak terasa Google juga telah merilis Android terbarunya versi 11. Namun demikian, Google juga merilis Android 11 Go versi ringan dari OS terbarunya itu.

Baca Juga: Daftar lengkap HP yang mendapatkan update Android 11, apakah HP Anda termasuk?

Mengutip dari 9to5Google, Android 11 Go merupakan jawaban untuk ponsel entry-level. Lewat Android 11 Go ponsel pintar yang RAM-nya hanya 2 GB saja bisa menikmati fitur-fitur kekinian.

Contohnya seperti perintah gesture untuk berpindah ke Home, recent apps atau perintah kembali. Lebih intuitif pengguna tidak perlu lagi menggunakan tombol navigasi pada HP Android.

Bukan hanya itu saja, meski Android 11 Go tergolong OS baru, ternyata tidak memberatkan HP di kelas entry-level. Pada dasarnya versi Go memang ditujukan untuk HP kelas entry-level, sehingga sehingga tetap nyaman digunakan.

Dibandingkan Android 10 Go, versi 11-nya diklaim lebih cepat 20%. Terlebih saat membuka aplikasi, bakal terasa lebih cepat dari versi OS sebelumnya.

Selain ringan dan cepat, Android 11 Go juga tetap menjaga keamanan serta privasi penggunanya.

Secara keseluruhan Android 11 Go ini di desain untuk HP dengan RAM 2 GB atau kurang. Membuat para penggunanya bisa mendapatkan pengalaman maksimal, membuka aplikasi cepat dan menghemat data.

Itu berkat aplikasi-aplikasi di Android Go cenderung lebih ringan ketimbang Android versi biasa. Dengan ini Google juga membuka potensi untuk para produsen HP Android yang ingin membuat ponsel pintar yang terjangkau.

Selanjutnya: Sudah bisa dicoba! Berikut daftar HP Xiaomi yang sudah mendapatkan update MIUI 12

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru