Kilas Kesehatan

GPM klaster perempuan ajak ibu Indonesia disiplin bermasker, cegah penyebaran Covid19

Senin, 17 Agustus 2020 | 20:46 WIB   Reporter: Titis Nurdiana
GPM klaster perempuan ajak ibu Indonesia disiplin bermasker, cegah penyebaran Covid19

ILUSTRASI. Gerakan Pakai Masker Klaster Perempuan

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-75, Gerakan Pakai Masker atau GPM meluncurkan GPM klaster perempuan. 

Peluncuran GPM klaster perempuan ini dengan keluarnya video dan mozaik bendera  Indonesia berisi 1945 foto perempuan dengan menggunakan masker dari Sabang sampai Merauke, dari berbagai organisasi perempuan, insitusi, perusahaan swasta, akademisi dan juga pribadi.

Ketua Umum dan salah satu pendiri Gerakan Pakai Masker Sigit Pramono mengatakan, perempuan adalah kunci dalam keluarga. Sebagai ibu, kata Sigit, perempuan adalah pendidik sekaligus pengingat seluruh anggota keluarga.

“Saat pandemi seperti sekarang, ibu adalah pengingat untuk selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan dan disiplin menjaga jarak,” ujar Sigit.
Ibu juga harus menjadi pengingat bagi anggota keluargan untuk menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas harian. 

Protokol kesehatan saat pandemi adalah selalu menjaga  kebersihan tangan, menggunakan masker ketika keluar rumah, menjaga jarak, serta menjaga kesehatan dengan asupan makanan dan berolahraga. “Dengan demikian perempuan memegang peranan penting untuk melindungi keluarga, sekeliling dan Indonesia,” ujar Sigit.

Baca Juga: Sigit Pramono: Indonesia masih belum aman bagi investor

Peluncuran GPM klaster perempuan ditandai dengan keluarnya materi kampanye serta mozaik bendera berisi 1945 foto perempuan dengan menggunakan masker.

Vita Datau, Direktur Kampanye untuk Kluster Perempuan GPM mengatakan,  menandai peluncuran GPM klater perempuan, GPM akan menyebar materi-materi kampanye tersebut ke seluruh penjuru dengan menggunakan platform sosial media dan videotron di ribuan titik di Indonesia.

Perempuan-perempuan dengan aneka profesi seperti artis, dokter, pengusaha, humas, ibu rumah tangga, wiraswasta dan juga profesi-profesi lainnyá secara aktif akan terus mengajak warga Indonesia untuk disiplin menggunakan masker.

Baca Juga: Masuk pondok pesantren, Gerakan Pakai Masker ajak santri disiplin pakai masker

Penggunaan masker secara disiplin adalah salah satu cara paling murah, mudah dan efektif untuk mencegah, menahan penyebaran virus Covid-19. 

 “Kami berterima kasih atas partisipasi dan dukungan teman-teman Perempuan dengan foto-foto bermasker yang sudah mendukung dan ikut mensosialisikan pemakain masker,” kata 

Intan Adams Katoppo, Direktur Kampanye untuk Kluster Perempuan GPM menambahkan, Kluster Perempuan GPM akan memiliki banyak sekali program penyuluhan perempuan untuk mengajak perempuan untuk disiplin memakai masker dengan aneka acara-acara yang dikemas menarik.

Intan berharap GPM bisa bekerja sama dengan berbagai pihak seperti organisasi Tim Penggerak PKK serta organisasi Perempuan lainnya untuk mengajak warga disiplin menggunakan masker. Apalagi, ini juga seiring dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk menggunakan ibu-ibu PKK untuk aktif mengajak anggota kelurga, lingkungannya untuk disiplin menggunakan masker. 

Intan mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk disiplin pakai masker "Pakai maskermu untuk melindungi keluarga, sekeliling dan Indonesia,” ujar Intan.

Editor: Titis Nurdiana


Terbaru