kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hanya cukup screenshot, mesin pencari Google nanti dapat bekerja


Rabu, 18 September 2019 / 15:51 WIB

Hanya cukup screenshot, mesin pencari Google nanti dapat bekerja
ILUSTRASI. Google

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google akan membuat penggunanya semakin mudah melakukan penelusuran melalui aplikasinya. Perusahaan search engine ini sedang menggodok fitur baru bernama "Smart Screenshot" di aplikasi Google versi 10.61 yang belum resmi dirilis. 

Fitur ini akan memungkinkan penelusuran informasi di aplikasi Google menggunakan screenshot atau tangkapan layar yang dipindai menggunakan Google Lens. Dari penguraian kode yang dilakukan 9to5Google, opsi pencarian melalui screenshot akan muncul secara otomatis setelah tangkapan layar diambil.  

Opsi tersebut akan muncul di bawah bersamaan dengan fitur "Edit and Share". Smart Screenshot memang mengombinasikan fitur "Edit & Share Screenshot" dan "What's on my Screen" yang didukung teknologi artificial intelligence (AI). 

Baca Juga: Fitur baru Google Photos, fungsinya mirip Instagram stories

Hingga saat ini, di fitur "Edit and Share" hanya memiliki beberapa opsi seperti potong (crop), anotasi, dan membagikan gambar saja. Nantinya, opsi tersebut akan ditambah dengan Google Lens yang berfungsi untuk memindai hasil tangkapan layar.

Seperti diketahui, Google Lens memiliki optical character recognition (OCR) yang bisa memindai teks. OGR akan memindai teks di dalam tangkapan layar yang kemudian akan diarahkan ke aplikasi Google untuk melakukan pencarian. 

Selain teks, Google Lens juga bisa memindai gambar yang ada di tangkapan layar dan kemudian melakukan penelusuran untuk menemukan gambar yang identik. 

Dirangkum KompasTekno dari Engadget, Selasa (17/9), belum diketahui pasti apakah fitur ini hanya akan terbatas di aplikasi Google saja atau bisa menggunakan aplikasi pencarian lainnya. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pencarian di Google Akan Bisa Dilakukan dengan "Screenshot""


Reporter: Handoyo
Editor: Yoyok
Video Pilihan


Close [X]
×