CLOSE [X]

Hapus Segera! Aplikasi Android Telah Diunduh 50.000+ Pengguna Ini Disusupi Malware

Rabu, 23 Februari 2022 | 09:53 WIB Sumber: Phone Arena
Hapus Segera! Aplikasi Android Telah Diunduh 50.000+ Pengguna Ini Disusupi Malware

ILUSTRASI. Hapus Segera! Aplikasi Android Telah Diunduh 50.000+ Pengguna Ini Disusupi Malware


KONTAN.CO.ID - Segera hapus! Aplikasi Android telah diunduh 50.000+ penguna ini telah disusupi malware. Menyamar sebagai aplikasi Android yang dapat menghemat baterai dan meningkatkan performa, namun dibalik semua itu mengancam data pribadi pengguna.

Sebuah aplikasi Android yang muncul di Google Play Store baru-baru ini mengancam penggunanya. Alih-alih menjadi aplikasi yang dapat menghemat baterai dan meningkatkan performa, aplikasi Android ini justru disusupi malware berbahaya.

Dikutip dari PhoneArena, aplikasi bernama Fast Cleaner ini telah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna di seluruh dunia. Aktor di balik aplikasi tersebut telah menyuntikkan trojan perbankan baru ke perangkat Android dengan tujuan untuk mencuri data penting pengguna.

Tidak hanya itu saja, trojan tersebut juga dapat mencegah notifikasi muncul sehingga pengguna yang menjadi incaran tidak curiga bahwa telah disusupi malware berbahaya.

Menurut peneliti keamanan ThreactFabricmalware tersebut merupakan jenis baru yang bernama Xenomorph. Malware ini kabarnya memiliki kesamaan dengan malware yang bernama Alien yang bertujuan mengincar informasi perbankan korban.

Kabar baiknya, Xenomorph ditemukan masih dalam keadaan seperti "bayi" yang masih berkembang. Dengan demikian kemampuan untuk melancarkan rencana jahatnya tidak begitu matang. 

Baca Juga: Twitter Video: Cara Download Lewat Situs TWDown di Semua Perangkat (HP & Laptop)

Dengan kata lain, malware Xenomorph ini tidak lebih berbahaya dari malware yang yang telah menyebar sebelumnya, seperti Alien atau Joker.

Bagaimana pun juga, malware tetaplah malware, kemampuannya dapat diaktifkan dan diperluas kapan saja. Baik pada perangkat yang saat ini menjalankan aplikasi Android Fast Cleaner atau aplikasi lain yang tampak tidak berbahaya tetapi menyembunyikan malware.

Aplikasi Android Disusupi Malware

Untuk menghindari malware Xenomorph, yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi Fast Cleaner. Anda juga bisa menghindari aplikasi dengan nama serupa, misalnya "Fast Cleaner-Booster & Cleaner" atau "Fast Cleaner & CPU Cooler."

Baca Juga: Menjalankan Aplikasi Android di Windows 11, Minimal RAM 8 GB dan Penyimpanan SSD

ThreatFabric melaporkan bahwa aplikasi berbahaya yang dibuat oleh "ilzeeva4" kabarnya bukan developer asli. Google juga telah menghapus aplikasi tersebut dari Play Store.

Sayangnya, menghapus aplikasi sajamungkin maish belum cukup untuk menghilangkan ancaman. Hal tersebut dikarenakan baris kode yang licik dapat tertinggal untuk teurs mengumpulkan data keungan si korban. Salah satu tindakan keamanan yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pihak Bank untuk memeriksa laporan Anda untuk operasi yang tidak sah.

Dan yang lebih penting adalah selalu mengubah kata sandi, nomor PIN, dan lain sebagainya.

Mengaktifkan Otentifikasi Dua Faktor juga dapat menjadi salah satu cara untuk menambah proteksi keamanan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan atau perbankan di HP Android Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru