Hapus Segera! Aplikasi Antivirus di HP Android Ini Justru Disisipi Virus Trojan

Selasa, 08 Maret 2022 | 12:31 WIB Sumber: Phone Arena
Hapus Segera! Aplikasi Antivirus di HP Android Ini Justru Disisipi Virus Trojan

ILUSTRASI. Hapus Segera! Aplikasi Antivirus di HP Android Ini Justru Disisipi Virus Trojan


APLIKASI ANDROID -Jakarta. Hapus segera! Aplikasi Antivirus di HP Android ini justru disisipi virus Trojan. Bila HP Android terinfeksi virus trojan ini, data-data pribadi, termasuk perbankan menjadi incaran virus tersebut.

Seolah mati satu tumbuh seribu, baru-bari ini kembali ditemukan aplikasi Android yang disipi virus di dalamnya. Mirisnya lagi, virus tersebut justru menyamar sebagai aplikasi Antivirus di HP Android.

Mengutip dari PhoneArena (08/03/2022), laporan dari Android Police menyebutkan bahwa sebuah aplikasi bernama "Antivirus, Super Cleaner" telah disisipi virus. Diketahui virus tersebut merupakan generasi terbaru dari Android banking Trojan Virus yang dikenal sebagai SharkBot.

Berdasarkan laporan yang telah dipublikasikan oleh NCC Group, perusahaan keamanan siber yang berbasis di Inggris menjelaskan bagaimana virus tersebut bekerja. Virus Sharkbot ini bahkan dapat melewati keamanan Google Play Store, sehingga dapat tersebar dan diunduh lewat toko aplikasi resmi Android ini.

Virus SharkBot sendiri adalah trojan perbankan yang dapat diakses jarak jauh, pertama kali terlihat pada Oktober 2021. Virus ini diduga tidak memiliki kesamaan dengan virus Android lainnya, seperti Teabot yang bersembunyi di aplikasi QR Code & Barcode - Scanner.

Atau virus Alien yang menyamar lewat aplikasi bernama Fast Cleaner.

Baca Juga: Tips WhatsApp (WA) Web: Mulai dari Membuat Stiker Sendiri, Hingga Mengirim

Ilustrasi keamanan android

Kabarnya ide di balik SharkBot adalah untuk memulai transfer uang dari perangkat atau HP Android yang teirnfeksi dengan menggunakan Sistem Transfer Otomatis (ATS).

Menurut analis NCC Group, ATS SharkBot adalah teknik serangan lanjutan yang memungkinkan penyerang untuk mengisi kolom secara otomatis di aplikasi mobile banking dan melakukan transfer tanpa campur tangan manusia. Virus SharkBot ini akan mendeteksi bila mana pengguna membuka aplikasi mobile banking, setelah itu data-data yang telah diinput akan dikirimkan ke server oknum dibalik virus tersebut.

Baca Juga: Sudah Bisa Download, Inilah Ukuran File Apex Legends Mobile Android

Bahkan, virus SharkBot ini juga dapat membajak dan mengambil kendali penuh atas HP Android yang telah terinfeksi.

Kabar baiknya, Google telah menghapus aplikasi Antivirus palsu ini di Play Store. Namun demikian, jika Anda mungkin menemukan aplikasi serupa terpasang di HP Android, segeralah hapus atau uninstall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru