Harga Kacamata Ray Ban x Meta Capai Rp 5 Jutaan, Cek Sejarah Smartglasses Pendahulu

Rabu, 29 November 2023 | 10:40 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Harga Kacamata Ray Ban x Meta Capai Rp 5 Jutaan, Cek Sejarah Smartglasses Pendahulu

ILUSTRASI. Harga Kacamata Ray Ban x Meta capai Rp 5 Jutaan, Cek Sejarah Smartglasses Pendahulu


GADGET BARU - JAKARTA. Ray Ban x Meta resmi diluncurkan oleh pemiliki Facebook yakni Meta. Kacamata pintar ini viral karena memiliki kemampuan perekaman kamera yang setara dengan handphone saat ini.

Beberapa content creator di seluruh dunia telah menggunakan Kacamata Ray Ban x Meta. Lalu apakah ini menjadi smartglasses terbaik di dunia.

Sejak kemunculan teknologi smartglasses, beberapa produsen terkemuka telah merilis produk-produk inovatif.

Pertama, ada pihak Google yang meluncurkan pertama kali di tahun 2013, sempat membuat perhatian publik namun kepopulerannya tidak seperti gadget lainnya.

Baca Juga: Meta Akan PHK Karyawan di Unit Silicon Metaverse

Sejarah smartglasses

Logo Google

Berikut adalah beberapa smartglasses yang telah dikeluarkan dalam sejarah:

1. Google Glass (2013)

Google Glass adalah salah satu smartglasses pertama yang mencuri perhatian publik. Dirilis pada tahun 2013 oleh Google, perangkat ini memiliki kemampuan untuk menampilkan informasi seperti pesan teks, cuaca, dan navigasi langsung di lapangan penglihatan pengguna.

2. Microsoft HoloLens (2016)

HoloLens adalah produk AR (Augmented Reality) dari Microsoft yang dirilis pada tahun 2016. Perangkat ini dirancang untuk memberikan pengalaman komputasi holografis dengan menambahkan elemen virtual ke dunia nyata.

3. Snap Spectacles (2016)

Snapchat, perusahaan media sosial, merilis Snap Spectacles pada tahun 2016. Kacamata ini dirancang khusus untuk merekam video singkat yang dapat langsung dibagikan melalui platform Snapchat.

4. Vuzix Blade (2018)

Vuzix Blade adalah smartglasses yang diluncurkan pada tahun 2018. Perangkat ini menggabungkan elemen AR dengan fungsionalitas kacamata pintar, memungkinkan pengguna melihat informasi di lapangan pandang mereka.

5. North Focals (2019)

North Focals adalah smartglasses yang dirilis pada tahun 2019. Produk ini menonjol karena desainnya yang lebih mirip kacamata biasa, tetapi tetap menyediakan informasi dan notifikasi yang diperlukan.

6. Bose Frames (2019)

Bose Frames adalah kombinasi antara kacamata matahari dan kacamata pintar dengan speaker yang terintegrasi. Dirilis pada tahun 2019, kacamata ini memungkinkan pengguna mendengarkan musik dan menerima panggilan tanpa menggunakan earphone tambahan.

7. Facebook Ray-Ban Stories (2021)

Kolaborasi antara Facebook dan Ray-Ban menghasilkan produk bernama Ray-Ban Stories pada tahun 2021. Kacamata ini memiliki kamera yang terintegrasi untuk mengambil foto dan video serta mendukung berbagai fungsi kacamata pintar.

Nah, Ray Ban x Meta di tahun 2023 menjadi suksesor generasi sebelumnya yang dirilis pada tahun 2021.

Meta ungkap beberapa peningkatan baik dari audio, konektivitas, hingga kamera yang kini digunakan oleh Content Creator di Media Sosial.

Spesifikasi Ray Ban x Meta

Ray Ban x Meta

Peningkatan Audio

Meta klaim telah meningkatkan audio dengan speaker baru yang dirancang khusus dari generasi Smartglasses Facebook. Speaker ini menawarkan bass yang lebih besar, volume maksimum yang lebih tinggi, dan audio terarah yang ditingkatkan untuk pengalaman panggilan, mendengarkan musik, dan podcast yang lebih baik, bahkan dalam lingkungan bising atau berangin.

Dalam rekaman video, Meta menyematkan lima mikrofon baru mendukung perekaman audio yang imersif dari berbagai sudut.

Kamera Ultra Lebar

Kamera ultra lebar 12 MP baru meningkatkan kualitas foto dan merekam video hingga 1080p pada 60 fps. Ini memungkinkan pengguna mengabadikan momen-momen epik dengan sudut pandang yang lebih luas.

Pengguna dapat dengan mudah berbagi foto langsung dari kacamata dengan perintah suara.

Daya Tahan dan Kekuatan

Kacamata pintar Ray-Ban Meta ditenagai oleh Platform Qualcomm Snapdragon AR1 Gen1 terbaru, menawarkan pemrosesan foto dan video berkualitas tinggi serta komputasi yang lebih cepat.

Desain Ray-Ban Meta memiliki pengisi daya yang ramping memungkinkan hingga delapan pengisian daya tambahan, mencapai total penggunaan 36 jam.

Tampilan yang Stylish

Dengan gaya Wayfarer dan desain Headliner baru, kacamata Ray Ban x Meta hadir dalam 7 pilihan. Mulai dari Matte Black dan Shiny Black hingga tiga warna bingkai transparan baru seperti Jeans, Rebel Black, dan Caramel.

Lebih dari 150 kombinasi bingkai dan lensa khusus tersedia melalui platform Ray-Ban Remix, serta kompatibilitas dengan lensa resep.

Kenyamanan dan Kontrol Ray Ban x Meta

Berat kacamata dikurangi, profil disempurnakan, dan kacamata dibuat tahan air (IPX4). Fitur bagian Touchpad ditingkatkan, dan earcon interaksi ditambahkan, meningkatkan respons dan keandalan kacamata terhadap perintah pengguna.

Streaming Langsung dan Meta AI

Pengguna dapat melakukan streaming langsung ke Facebook atau Instagram dari kacamata, melihat komentar, dan berinteraksi dengan komunitas. Integrasi Meta AI memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan asisten percakapan canggih.

Pengguna bisa mengucapkan "Hai Meta" untuk mendapatkan informasi dan mengontrol fitur dengan suara. Sayangnya, Fitur Meta AI akan tersedia di AS dalam versi beta pada saat peluncuran.

Harga Kacamata Ray Ban x Meta

Kacamata pintar Ray-Ban x Meta menawarkan pengalaman revolusioner dengan harga yang terjangkau, dimulai dari 299 dolar AS. Saat dirupiahkan, banderol smartglasses ini mencapai Rp4,5 juta.

Anda bisa membeli langsung pada laman resmi Ray Ban dengan beberapa pilihan dengan tertinggi mencapai 329 dolar AS (Rp4,9 juta).

Bersaing dengan Google Glass 2023

Di sisi lain, pihak Google masih memperbarui salah satu seri Google Glass Enterprise Edition 2. Varian ini tercatat lebih mahal dibandingkan dengan Ray Ban x Meta.

Google mematok harga sekitar 999 dollar AS atau sekitar Rp15 juta untuk banderol website resmi. Kacamata pintar ini dirancang khusus untuk mendukung aplikasi bisnis dan industri, seperti pemeliharaan, logistik, pelatihan, dan banyak lagi.

Banyak perusahaan dan sektor industri yang mengadopsi Google Glass Enterprise Edition 2 untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Dengan desain ikonik dari Ray-Ban, kacamata ini menyatukan gaya yang tak tertandingi dengan teknologi canggih dari Meta.

Nikmati audio yang ditingkatkan, kamera ultra lebar, daya tahan baterai yang luar biasa, dan berbagai fitur inovatif lainnya, menjadikan kacamata ini pilihan yang sempurna untuk pengguna.

Selanjutnya: Mengintip Deretan Petuah Legendaris Charlie Munger Semasa Hidup

Menarik Dibaca: Beberapa Wilayah Dilanda Hujan Petir, Simak Ramalan Cuaca Besok di Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru