Sport

Harga pemain anjlok gara-gara corona, bagaimana dengan Messi dan Cristiano Ronaldo?

Jumat, 10 April 2020 | 09:20 WIB Sumber: BolaSport
Harga pemain anjlok gara-gara corona, bagaimana dengan Messi dan Cristiano Ronaldo?

ILUSTRASI. Lionel Messi. REUTERS/Albert Gea TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prediksi bahwa nilai pasar pemain sepak bola akan turun gara-gara COVID-19 atau wabah global virus corona kelihatannya mulai menjadi kenyataan. Ganasnya penyebaran COVID-19 di seluruh penjuru dunia mengakibatkan berbagai kompetisi sepak bola tidak bisa berlangsung.

Antara awal dan pertengahan Maret lalu, kompetisi-kompetisi top dunia sudah dihentikan. Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia, Bundesliga, dan Liga Champions ikut menjadi korban COVID-19. Tidak bermain dalam waktu yang lama diprediksi akan menurunkan harga transfer pemain-pemain sepak bola.

Baca Juga: Bundesliga berencana melanjutkan kompetisi meski tanpa penonton

Hal itu tampaknya mulai menjadi kenyataan jika melihat pembaruan data situs spesialis penaksir nilai pasar pemain, Transfermarkt. Pada Rabu (8/4/2020), Transfermarkt mengeluarkan taksiran harga terbaru pemain-pemain sepak bola.

Tidak ada yang selamat. Semua pemain mengalami penurunan nilai pasar selama periode hiatus COVID-19 ini. Mudah dilihat, daftar pemain di situs Transfermarkt semuanya mendapatkan gambar panah merah ke bawah yang berarti nilai pasarnya turun.

Kylian Mbappe (PSG) masih menjadi pemain dengan market value tertinggi versi Transfermarkt. Akan tetapi, harganya turun dari 200 juta euro pada 18 Desember 2019 menjadi 180 juta euro pada 8 April. Di peringkat kedua, Raheem Sterling juga turun dari 160 juta euro pada 10 Desember 2019 menjadi 128 juta euro saja pada 8 April.

Baca Juga: Qatar membantah tuduhan korupsi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022

Dua megabintang Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo juga tak luput dari penurunan nilai pasar. Market value Messi turun dari 140 ke 112 juta euro. Ronaldo bahkan tinggal bernilai 60 juta euro atau sekitar 1 triliun rupiah dari 75 juta euro pada Desember lalu.

Nilai Ronaldo sekarang bahkan lebih rendah dari harga transfer bek rekan seklubnya di Juventus, Matthijs de Ligt. Pada bursa transfer musim panas 2019-2020, De Ligt dibeli Juventus dari Ajax Amsterdam seharga 75 juta euro plus bonus.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Tak Ada yang Selamat, Harga Pemain Anjlok Gara-gara COVID-19, Cristiano Ronaldo Lebih Murah dari Bek"


Editor: Handoyo .


Terbaru