Harga Xpander Cross lebih mahal, pamor Toyota Rush bisa naik

Senin, 18 November 2019 | 11:58 WIB Sumber: Kompas.com
Harga Xpander Cross lebih mahal, pamor Toyota Rush bisa naik

ILUSTRASI. Model berpose dengan All New Rush yang merupakan line-up terbaru Toyota usaitest drive di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bandung, Rabu (7/2). Harga Xpander Cross lebih mahal, pamor Toyota Rush bisa naik. KONTAN/Hendra Suhara


OTOMOTIF - JAKARTA. Beberapa waktu lalu, Mitsubishi telah meluncurkan sebuah model baru bernama Xpander Cross. Meski dibangun dari basis MPV, model ini disebut punya kelebihan-kelebihan milik SUV. 

Dengan kapasitas 7 penumpang dan mesin 1.500 cc, Xpander Cross akan berhadapan langsung dengan Toyota Rush yang sudah lebih dulu bermain di segmen low MPV. 

Baca Juga: Cara merawat jas hujan, jangan langsung disimpan di bawah jok

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa kedua model bermain di segmen serupa dan akan saling head to head di pasaran.  “Tidak hanya Xpander Cross, semua model kami rasa selalu ada kompetisi,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara Toyota Jamboree 2019, Minggu (17/11). 

Anton berujar ada dua sudut pandang saat sebuah mobil baru diluncurkan, pertama produk baru akan memperbesar pasar. Kedua, produk baru akan menciptakan persaingan lebih ketat dengan para pesaingnya. 

“Setelah ada produk baru itu akan membuat market berkembang. Karena masyarakat akan melihat berita, dan mulai membandingkan,” ucap Anton. 

Menurutnya, saat konsumen mulai membandingkan produk yang baru meluncur. Konsumen juga akan melihat produk-produk sekelasnya dan dibandingkan secara harga serta kualitas. 

Baca Juga: Brio dan HR-V topang penjualan mobil Honda di Oktober 2019

Secara otomatis model yang sudah meluncur lebih dulu seperti Rush bisa meningkat pamornya. “Jadi mudah-mudahan market bisa terbantu naik dengan adanya model-model baru ini,” katanya. 

Meski begitu, Anton tak menutup kemungkinan apabila Xpander Cross dapat merebut pasar Rush. Oleh karena itu pihaknya akan meningkatkan lagi pelayanan dari sisi produk, servis, hingga paket penjualan. 

"Konsumen intinya melihat harga, budget, produk, pelayanan dan resale value seperti apa. Jadi kami fokus pada konsumen mana yang masuk dalam produk baru ini," ujarnya. 

Baca Juga: Penjualan retail Daihatsu bulan Oktober meningkat, Sigra jadi penyokongnya

Seperti diketahui, Xpander Cross menjadi low SUV termahal yang dihargai mulai Rp 267,7 juta untuk varian M/T sampai Rp 286,7 juta untuk varian Ultimate A/T. 

Sedangkan Rush diuntungkan dengan banderol lebih terjangkau, dari Rp 244,250 juta (G M/T) hingga Rp 265,650 juta (TRD Sportivo A/T). (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harga Xpander Cross Lebih Mahal, Pamor Rush Bisa Naik"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru