Hari Ini Dirayakan Sebagai Hari TV Sedunia, Simak Sejarah dan Bagaimana Merayakannya

Senin, 21 November 2022 | 07:24 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Hari Ini Dirayakan Sebagai Hari TV Sedunia, Simak Sejarah dan Bagaimana Merayakannya

ILUSTRASI. Setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Televisi Sedunia.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda tahu, pada setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Televisi Sedunia?

Nah, bagi Anda yang baru tahu, berikut adalah sejarah Hari Televisi Sedunia.

Melansir laman resmi United Nations, sebagai pengakuan atas meningkatnya dampak televisi terhadap pengambilan keputusan dengan menarik perhatian dunia terhadap konflik dan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan serta potensi perannya dalam mempertajam fokus pada isu-isu besar lainnya, termasuk isu-isu ekonomi dan sosial, Majelis Umum PBB memproklamirkan 21 November sebagai Hari Televisi Sedunia (melalui resolusi 51/205 tanggal 17 Desember 1996).

Menurut PBB, Hari Televisi Sedunia bukanlah perayaan alat, melainkan filosofi yang diwakilinya. Televisi merupakan simbol komunikasi dan globalisasi di dunia kontemporer.

Pada tanggal 21 dan 22 November 1996, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadakan Forum Televisi Dunia yang pertama, di mana tokoh media terkemuka bertemu di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membahas semakin pentingnya televisi di dunia yang berubah saat ini dan untuk mempertimbangkan bagaimana mereka dapat meningkatkan kerja sama timbal balik mereka. 

Baca Juga: ​Rencanakan Liburan Tahun Depan, Catat Tanggal Merah dan Cuti Bersama 2023

Itulah sebabnya Majelis Umum memutuskan untuk mencanangkan 21 November sebagai Hari Televisi Dunia.

Hal ini dilakukan sebagai pengakuan atas meningkatnya dampak televisi terhadap proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, televisi diakui sebagai alat utama dalam menginformasikan, menyalurkan, dan memengaruhi opini publik. Dampak dan kehadirannya serta pengaruhnya terhadap politik dunia tidak dapat disangkal.

Penemu televisi pertama dunia

Mengutip National Today, pada tahun 1927, seorang penemu berusia 21 tahun bernama Philo Taylor Farnsworth menemukan televisi elektronik pertama di dunia. Dia tinggal di rumah tanpa listrik sampai dia berumur 14 tahun. 

Di sekolah menengah, dia mulai memikirkan sebuah sistem yang dapat menangkap gambar bergerak, mengubahnya menjadi kode, dan memindahkan gambar tersebut dengan gelombang radio ke perangkat yang berbeda. 

Dia bertahun-tahun lebih maju dari sistem televisi mekanis karena strukturnya menangkap gambar bergerak menggunakan seberkas elektron. 
Farnsworth kemudian mentransmisikan gambar tanda dolar menggunakan televisinya setelah seorang rekan penemu bertanya, "Kapan kita akan melihat beberapa dolar dari benda ini?" 

Tak satu pun dari mereka yang tahu bahwa televisi akan menjadi lambang hari internasional yang mempromosikan penyebaran informasi global.

Baca Juga: Asal Mula Hari Pahlawan 10 November, Simak Kutipan Pidato dan Ucapan Para Pahlawan

Kegiatan yang bisa dilakukan di Hari Televisi Sedunia

Berikut adalah sejumlah kegiatan yang bisa Anda lakukan di Hari Televisi Sedunia:

1. Membagikan momen TV favorit Anda

Ada banyak hal untuk dicintai dan digembirakan di televisi. Kunjungi media sosial dan tulis tentang momen televisi favorit Anda, entah itu terjadi minggu lalu atau 20 tahun lalu.

2. Menggelar malam bertema TV

Undang orang terdekat Anda untuk makan malam sambil menonton program favorit Anda. Lengkapi malam dengan permainan keluarga seperti kuis-kuis yang sering ditampilkan di televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru