Hari Lupus Sedunia, Intip Perjuangan Selena Gomez Melawan Penyakit Autoimun

Jumat, 10 Mei 2024 | 13:14 WIB Sumber: TODAY
Hari Lupus Sedunia, Intip Perjuangan Selena Gomez Melawan Penyakit Autoimun

ILUSTRASI. Selena Gomez di Bad Liar


TOKOH DUNIA DAN MEDIA SOSIAL - JAKARTA. Mengenal lebih dekat kisah Selena Gomez sebagai penyintas Lupus. Penyanyi kelas dunia ini telah berjuang lebih dari satu dekade menjalani hidup dengan salah satu jenis penyakit autoimun.

Selena hidup dengan lupus dan terbuka tentang pengalamannya menjalani transplantasi ginjal, kemoterapi, dan bagaimana itu mempengaruhi kesehatan mentalnya.

Penyanyi "Single Soon" telah menggunakan platform publiknya untuk meningkatkan kesadaran dan mendidik para penggemarnya tentang lupus.

Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri dan dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang menyakitkan.

Baca Juga: Sambut Hari Lupus Sedunia, Ini 10 Gejala Penyakit Lupus yang Perlu Dikenali

Selena Gomez: My Mind and Me

Peradangan ini dapat memengaruhi banyak sistem di seluruh tubuh, termasuk sendi, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, dan bahkan paru-paru.

Kini, Lupus belum ada obat yang diketahui dengan catatan berbagai kondisi macam perawatan yang dapat dilakukan pasien.

Meskipun Selena tidak menjadi orang pertama, kini penyintas Lupus sekitar 1,5 juta orang Amerika. Bahkan, setidaknya lima juta orang di seluruh dunia sebagai penyintas Lupas, dilansir dari laman Yayasan Lupus Amerika.

Berikut adalah semua hal yang telah dibagikan Selena tentang diagnosis lupusnya dan perjalanan kesehatannya dengan penyakit autoimun.

Selena menderita lupus pada tahun 2013

Dalam wawancara sampulnya dengan Billboard pada bulan Oktober 2015, Selena pertama kali mengungkapkan bahwa dia telah didiagnosis menderita lupus.

"Saya didiagnosis menderita lupus, dan saya telah menjalani sesi kemoterapi. Itulah sebenarnya alasan di balik istirahat saya. Saya hampir mengalami stroke," ungkapnya kepada majalah tersebut tentang masa-masa di mana dia menjauh dari sorotan.

Tindakan ini menyebabkan rumor yang menyebutkan bahwa Selena Gomez masuk ke fasilitas rehabilitasi karena penyalahgunaan obat.

"Saya sangat ingin memberi tahu mereka, kalian tidak memahami situasinya. Saya tengah menjalani sesi kemoterapi dan ingin menjauh sejenak sampai saya merasa lebih yakin dan nyaman kembali." ungkapnya

Baca Juga: Meski Memiliki 400 Juta Pengikut, Selena Gomez Mengaku Frustrasi dengan Media Sosial

Terbuka ke Publik pada 2016 

Setahun kemudian, pada April 2016, Selena lebih terbuka tentang masa sulit dalam hidupnya selama wawancara dengan GQ, yang menyatakan bahwa dia didiagnosis pada tahun 2013.

"Saya didiagnosis menderita lupus. Ibuku mengalami keguguran yang sangat publik. Jadi saya harus membatalkan tur saya. Saya butuh waktu untuk hanya baik-baik saja," katanya kepada majalah tersebut.

Mulai rehabilitasi untuk kemoterapi

Selena Gomez di tahun 2019

Setelah diagnosis lupusnya, penyanyi "Lose You To Love Me" pergi ke Meadows, sebuah fasilitas rehabilitasi di Arizona, untuk menerima perawatan kemoterapi.

Pada saat itu, diagnosis lupusnya tidak diketahui publik, sehingga rumor online meledak dengan cerita bahwa bintang pop tersebut berada di rehabilitasi penyalahgunaan zat terlarang.

Ini juga merupakan kali pertama Selena mencari perawatan untuk kesehatan mental, menurut wawancara pada tahun 2021-nya dengan ELLE.

"Saya bahkan tidak tahu apa yang mereka benar-benar percayai saya lakukan narkoba, alkohol, berlari-larian, pesta. Narasi tersebut sangat buruk," kata Selena.

Selena menjalani transplantasi ginjal pada tahun 2017

Pada musim panas tersebut, Selena menerima donor ginjal dari sahabatnya, aktris How I Met Your Father, Francia Raisa. Beberapa bulan kemudian, pada bulan September, dia membuka diri tentang operasi penyelamatannya.

Meskipun transplantasi itu berhasil mengatasi lupusnya untuk sementara waktu, Selena mengungkapkan dalam dokumenter AppleTV+ "Selena Gomez: My Mind and Me" pada tahun 2022 bahwa dia mengalami kekambuhan pada tahun 2020.

Selena mengungkapkan bahwa rasa sakit fisiknya berdampak pada kesehatan mentalnya, sering kali menyebabkan mimpi buruk tentang masa lalunya dan lain-lain. Menurutnya, masa lalu dan kesalahannya adalah penyebab utama tergelincirnya ke dalam depresi.

Perawatan kesehatan mental

Selena Gomez mengambil istirahat dari Tur Dunia Revival-nya tahun 2016 untuk masuk ke fasilitas perawatan kesehatan mental setelah menderita kecemasan, serangan panik, dan depresi karena lupusnya.

“Aku ingin proaktif dan fokus untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaanku dan telah memutuskan bahwa cara terbaik untuk melanjutkan adalah dengan mengambil waktu istirahat,” katanya.

Pada 2017 kemudian, dia merenungkan keputusan ini dalam wawancara dengan Savannah Guthrie dari TODAY.  “Aku pergi ke fasilitas. Aku mengambil waktu istirahat dan perlu menjaga pikiranku menjadi sehat,” kata Selena Gomez.

Asisten lamanya, Theresa Marie Mingus, juga menjelaskan bagaimana keadaan Gomez saat itu dalam dokumenter: “Pada suatu saat, dia berkata, ‘Aku tidak ingin hidup saat ini. Aku tidak ingin hidup.’ Dan aku seperti, ‘Tunggu, apa?’”

Baca Juga: 7 Selebriti Dunia Ini Pernah Alami Gangguan Mental, Siapa Saja ya?

Selena Gomez kembali ke sorotan pada November 2016 untuk menerima American Music Award untuk artis wanita pop/rock favorit.

“Aku memiliki segalanya, dan aku benar-benar hancur di dalam. Aku tetap bertahan cukup baik sehingga aku tidak akan pernah mengecewakanmu, tetapi aku bertahan terlalu keras sehingga aku mengecewakan diriku sendiri.” ungkap Selena Gomez.

Dua tahun kemudian, Gomez masuk ke fasilitas perawatan pada tahun 2018 untuk membantu mengelola kecemasan dan depresinya. Ibunya, Mandy Teefey, menggambarkannya sebagai “kegagalan mental” dalam dokumenter tersebut.

Kini Selena Gomez terus berkarya mengeluarkan berbagai lagu dan mengguncang kancah musik dunia.

Tentu, perjuangan Selena Gomez dapat menginspirasi setiap orang untuk memahami bahwa penyakit Lupus perlu dideteksi sejak dini.

Selanjutnya: Tak Peduli Ancaman AS, Netanyahu: Israel Akan Berjuang Sendiri

Menarik Dibaca: Video Teaser Nightmares and Daydreams Garapan Joko Anwar Tampil di Netflix

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru