Hasil Pertandingan Belanda Gulung Tim Singa Juara Afrika Senegal Berakhir 2 - 0

Selasa, 22 November 2022 | 01:32 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Hasil Pertandingan Belanda Gulung Tim Singa Juara Afrika Senegal Berakhir 2 - 0

ILUSTRASI. Pertandingan Beland - Senegal berakhir dengan skor 0 - 2, Selasa (7/9/2021). REUTERS/Piroschka Van De Wouw


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tim nasional sepakbola Belanda berhasil melibas juara Afrika di laga perdana mereka di Grup A.

Timnas Belanda dengan upaya keras akhirnya bisa menundukkan Senegal dengan skor 0-2.

Gol belanda di cetak oleh Cody Gakpo pada menit ke 84 dengan upan matang dari Frenkie De Jong.

Sementara gol kedua dicetak oleh D Klassen pada menit tambahan alias injury time yakni menit ke 99.

Pertandingan perdana di putaran final Piala Dunia 2022 atau FIFA World Cup 2022 tim nasional Senegal masih dirundung masalah.

Baca Juga: Inggris Cetak Gol Setengah Lusin Melawan Iran 6-2 di Hari Kedua Piala Dunia 2022

Timnas Senegal telah mengalami pukulan besar bahkan sebelum Piala Dunia 2022 atau FIFA World Cup 2022 dimulai, karena pemain andalan yang bermain di klub Bayern Munich Sadio Mane dipastikan absen dari turnamen 

Sadio Mane absen di Piala Dunia 2022 karena mengalami cedera fibula, yang dideritanya saat melawan Werder Bremen di Bundesliga awal bulan November 2022 ini.

Pelatih kepala Timnas Senegal Aliou Cisse berharap bahwa masalah ini hanya akan mencegah pemain bintangnya bermain di pertandingan pertama atau kedua Lions of Teranga.

Tetapi Cisse sekarang harus menyesuaikan cetak biru strategi dan taktiknya untuk menghadapi absennya mantan pemain Liverpool itu.

Sebagai catatan, peran Mane di Timnas Senegal sangat vital. Mane yang mencetak dua gol kemenangan penalti melawan Mesir untuk menyegel kemenangan Piala Afrika pertama bagi Senegal.

Baca Juga: Prediksi Line-Up Timnas Belanda Kontra Senegal Hari Senin, 21 November 2022

Mane juga memperkuat tempat bagi Senegal di Qatar awal tahun ini. Cederanya Mane ini jelas meninggalkan lubang besar bagi tim untuk mengisi lini serangan

Dengan kondisi tersebut kini hanya ada Ismaila Sarr dan Famara Diedhiou sebagai penyerang. Angka catatan untuk gol yang dicetak dari masing-masing pemain sebanyak 10 untuk tim nasional Senegal.

Namun, tim asuhan Cisse secara umum masih sulit untuk dikalahkan, Senegal memiliki catatan dengan enam clean sheet dalam delapan pertandingan kompetitif terakhir mereka. Hal ini terbukti menjadi landasan kesuksesan AFCON baru-baru ini dan lolos ke Piala Dunia.

Pria berusia 46 tahun itu hampir pasti akan mencari pemainnya untuk menjaga ketat melawan Belanda, sebelum masuk ke pertandingan yang lebih dapat dimenangkan melawan Qatar dan Ekuador. 

Karena mereka ingin mencapai babak sistem gugur untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka.

Sementara itu, Timna Belanda menuju Piala Dunia dalam performa luar biasa di bawah manajemen Louis van Gaal. 

Timnas Belanda telah mencapai final UEFA Nations League untuk kedua kalinya dalam tiga musim.

Sementara kredensial kompetisi pemula sering dipertanyakan, sebab ketiga lawan Grup 4 tim Oranje - Belgia, Polandia dan Wales - akan bersaing di Piala Dunia yang akan datang, membuat penghitungan poin mereka menjadi 16 dari enam pertandingan tampak lebih mengesankan daripada yang pertama kali terlihat.

Seperti kita tahu, Belanda gagal lolos pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Tetapi mereka melaju ke semifinal di bawah asuhan van Gaal pada 2014, akhirnya kalah dari Argentina dalam adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Secara luas dianggap sebagai negara sepak bola terbesar yang tidak pernah memenangkan Piala Dunia - setelah kalah di tiga final pada tahun 1974, 1978 dan 2010 - ada kepercayaan yang berkembang bahwa ini bisa menjadi tahun mereka meskipun tidak memiliki taburan kualitas individu bintang jika dibandingkan dengan nyaris gagal sebelumnya. .

Mulai kuat melawan Senegal pada hari Senin akan menjadi penting untuk menjaga semangat tinggi, dengan van Gaal mungkin berani untuk pergi ke jugularis dengan absennya Mane di lembar tim lawan.

Mane telah ditarik dari skuad Senegal karena cedera fibula, yang akan membutuhkan operasi, dengan pemain seperti Nicolas Jackson, Iliman Ndiaye, Krepin Diatta dan Bamba Dieng semua berjuang untuk mendapatkan tempat di sayap kiri dalam ketidakhadirannya.

Baca Juga: Prediksi Line-Up Timnas Inggris: Hadapi Iran di Laga Pembuka Grup B Piala Dunia Qatar

Diatta dapat memenangkan pertarungan tersebut karena kecepatan alami dan tipuannya pada bola, sementara Abdou Diallo dari RB Leipzig mungkin melewatkan pertandingan pertama negaranya di Piala Dunia karena masalah lutut.

Belanda, sementara itu, juga akan tanpa jimat penyerang mereka sendiri, dengan Memphis Depay absen setidaknya dari pertandingan pembukaan mereka karena cedera hamstring. Penyerang Barcelona, ​​yang mencetak 12 gol selama kualifikasi Piala Dunia, belum pernah bermain untuk klub atau negaranya sejak melawan Polandia pada bulan September.

Denzel Dumfries juga diragukan setelah dipaksa keluar selama pertandingan Serie A Inter Milan melawan Atalanta pekan lalu, dengan Marten de Roon tidak mungkin tersedia karena melewatkan pertandingan itu sepenuhnya karena masalah punggung.

Dengan demikian, Jeremie Frimpong dan Vincent Janssen dapat diberi peluang sejak awal, meskipun van Gaal dapat memanfaatkan tiga gelandang tengah dengan Cody Gakpo dan Steven Bergwijn membentuk dua penyerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru