Hasil Pertandingan Taiwan Vs Indonesia di Asian Games 2023, Indonesia Kalah 1-0

Kamis, 21 September 2023 | 20:38 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Hasil Pertandingan Taiwan Vs Indonesia di Asian Games 2023, Indonesia Kalah 1-0

ILUSTRASI. Timnas U-24 Asian Games 2023 yang bertanding di? Hangzhou, China. Foto: Dok.PSSI


ASIAN GAMES - JAKARTA. Pelatih timnas U24 Indonesia, Indra Sjafri, kecewa dengan kekalahan anak didiknya dari Taiwan pada laga Grup F Asian Games 2022.  

Pertandingan Indonesia vs Taiwan di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, Kamis (21/9/2023) sore WIB, berakhir dengan skor 0-1.  

Indonesia kebobolan lewat tendangan Chin Wen Yan pada menit ke-47. Hasil ini mengecewakan bagi Indra Sjafri dan timnas U24 Indonesia.  

"Hasil yang sangat mengecewakan bagi kami. Ini membuat posisi kami di grup menjadi sulit meski punya satu kemenangan," kata Indra dalam rekaman yang diterima Kompas.com.  

"Padahal, tadi kami sangat yakin bisa memenangi pertandingan," ucap Indra Sjafri melanjutkan.  

Baca Juga: Prospek 16 Besar, Timnas Indonesia Siap Hadapi Taiwan di Asian Games Hangzhou 2023

Kemenangan atas Taiwan sejatinya bakal memastikan satu tempat untuk timnas U24 Indonesia pada babak 16 besar Asian Games 2022.  

Andai skenario itu tadi terwujud, langkah Garuda Muda pada laga terakhir melawan Korea Utara pun lebih ringan.  

Timnas U24 Indonesia saat ini berada di posisi kedua klasemen Grup F Asian Games 2022 dengan tiga poin.  

Indonesia unggul selisih gol atas Taiwan yang berada di posisi ketiga. Sementara itu, Korea Utara menempati peringkat pertama.  

Korea Utara bisa mengunci tiket 16 besar lebih cepat jika berhasil menang atas Kirgistan, tim yang dikalahkan Indonesia pada laga sebelumnya.  

Baca Juga: Jangan Lewatkan Duel Timnas Indonesia Vs Taiwan di Asian Games 2022 Hari Ini

Jika demikian, Indonesia harus tampil maksimal untuk bisa meraih kemenangan melawan Korea Utara pada laga pamungkas.  

Ada tiga cara untuk lolos ke fase gugur, yakni sebagai juara grup, runner-up, atau peringkat ketiga terbaik.  

"Kami harus menghadapi satu pertandingan lagi. Mau tidak mau, kami harus bekerja keras untuk bisa lolos dari fase grup," ujar Indra.  

"Pertandingan terakhir melawan Korea Utara harus kami menangkan," ungkap Indra Sjafri.  Laga antara timnas U24 Indonesia dan Korea Utara bakal digelar pada Minggu (24/9/2023) pukul 16.00 WIB. 

Optimistis Saat Persiapan

Pelatih tim U-24 Indonesia, Indra Sjafri menegaskan timnya telah mempersiapkan diri untuk meraih kemenangan kedua melawan China Taipei alias Taiwan di pertandingan Asian Games 2023 yang berlangsung di Zhejiang Normal University East Stadium, China.

Timnas sepakbola Us-24 Indonesia dijadwalkan bertanding menghadapi Taiwan pada matchday kedua Grup F. Pertandingan tersebut bakal digelar Kamis (21/9), di Zhejiang Normal University East Stadium Hangzhou.

Pada pertandingan perdana atau matchday pertama Asian Games, Selasa (19/9) lalu, Timnas U24 Indonesia berhasil mengalahkan Kirgistan 2-0. Sementara Chinese Taipei takluk 0-2 dari Korea Utara.

“Alhamdulillah, kondisi tim saat ini semua pemain dalam keadaan fit. Tadi sore kami melakukan persiapan melawan Chinese Taipei,” kata Indra Sjafri seperti dikutip situs resmi PSSI, Kamis (21/9).

Baca Juga: Kalahkan Turkmenistan 0-2 Indonesia, Resmi Lolos Putaran Final Piala Asia 2024

Indra mengaku sudah melihat pertandingan calon tim lawan, saat bertemu Korea Utara di laga perdana mereka. 

Di atas kertas, memang Indonesia lebih diunggulkan. Meskipun demikian ia mengingatkan di sepakbola, apapun bisa terjadi. 
 
Untuk itu, Indra Sjafri mengingatkan para pemainnya untuk tidak terlalu percaya diri, tapi harus konsisten bermain lebih rapi dan mengevaluasi diri dari laga pertama Asian Games melawan Kirgistan.

Indra Sjafri mengingatkan agar Timnas U-24 tidak boleh terlalu percaya diri saat menghadapi Taiwan. Ia meminta semua pemain agar bermain lebih rapih, dan berharap laga kedua nanti tim Indonesia kualitasnya akan lebih baik. 

Untuk itu coach Indra menginstruksikan agar pemain seiring melakukan evaluasi dari pertandingan pertama, apa-apa saja yang menjadi kekurangan tim. 

"Mudah-mudahan melawan Chinese Taipei kita bisa memenangkan pertandingan dan Insya Allah kita bisa lolos ke babak 16 besar,” jelasnya.

Ketika disinggung mengenai calon lawan di babak 16, apabila lolos, pelatih yang membawa Indonesia meraih emas di Sea Games tahun ini mengatakan dirinya tidak terlalu memikirkan. Saat ini dia hanya ingin fokus lebih dahulu agar Tim bisa lolos ke putaran 16 besar.

Karena menurut Indra, pertandingan di Asian Games 2023 ini, disamping Timnas U24 membutuhkan prestasi, tentu dengan bertemu dan melawan tim-tim yang bagus, akan memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas individu pemain maupun Timnas sepakbola Indonesia.

Menurut Indra Sjafri, ajang Asian Games ini bagus untuk meningkatkan kualitas para pemain. Dia juga menegaskan, keikutsertaan dalam pertandingan seperti ini memiliki tujuan lain, yakni mengembalikan top performa para pemain Timnas.

“Jadi seperti yang direncanakan, bahwa tim nasional Asian Games, adalah pemain yang berusia 18 sampai 23 tahun, dan mereka adalah pemain-pemain yang mempunyai masa depan yang baik, bagus, dan kami berharap sebagai pelatih, dari pemain-pemain yang ada 20 orang ini, ada yang punya masa lalu yang baik, dan kami ingin mengembalikan top performa mereka untuk menjadi pemain yang lebih baik lagi dan mengembalikan nama besar mereka,” tutup Indra.

Tim U-24 Indonesia memulai kiprahnya di Asian Games 2022 dengan mulus. Skuad Garuda Muda berhasil menaklukan Kirgistan di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, China, Selasa (19/9).

Tim asuhan Indra Sjafri itu menang dengan skor 2-0. Dua gol Indonesia U-24 dibuat oleh Ramai Rumakiek pada menit ke-58 dan Hugo Samir di masa perpanjangan waktu babak kedua.

Di Asian Games 2022, Skuad Garuda Muda berkekuatan 20 pemain dan semuanya berasal dari Liga 1 2023/2024. 

Indra Sjafri juga mengucapkan terima kasih kepada para pelatih Liga 1 2023/2024 yang sudah merelakan pemainnya bergabung dengan tim U-24. 

Indra memuji bahwa latihan di klub dan kompetisi lokal kita juga sudah semakin baik kualitasnya, sehingga semua pemain terbentuk dari kompetisi yang sangat ketat dan kompetitif. Kualitas kompetisi semakin baik akan berdampak terhadap kualitas pemain Timnas," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru