Hati-hati! Ini 5 Kesalahan yang sering dilakukan pelamar saat menulis cover letter

Senin, 23 November 2020 | 15:36 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hati-hati! Ini 5 Kesalahan yang sering dilakukan pelamar saat menulis cover letter

ILUSTRASI. Hati-hati! Ini 5 Kesalahan yang sering dilakukan pelamar saat menulis cover letter. KONTAN/Fransiskus Simbolon/05/09/2014


MENCARI KERJA - Cover letter atau surat lamaran kerja merupakan salah satu dokumen yang sering diminta saat melamar kerja. Tapi ada beberapa perusahaan yang tidak mewajibkan dokumen ini.

Bersumber dari The Balance Career, cover letter bisa menambah nilai baik pada lamaran Anda. Ibarat penampilan, cover letter menjadi penilaian pertama lamaran pekerjaan Anda. Maka dari itu, penting untuk membuat surat ini dengan baik. 

Tidak sedikit recruiter yang melewatkan lamaran seseorang karena surat lamaran yang tidak bagus. Ada beberapa kesalahan yang sering muncul di cover letter. Agar tidak terjadi pada Anda, ada yang harus diperhatikan saat menulis cover letter. 

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat membuat cover letter. Daftar ini dihimpun KONTAN.co.id dari The Muse dan The Balance Career

  • Cover letter terlalu panjang

Menulis cover letter tidak perlu terlalu panjang. Hanya perlu satu lembar saja untuk dokumen ini. 

Cover letter berisikan alasan melamar hingga skill yang Anda miliki. Penjelasannya tidak perlu panjang tetapi cukup padat dan bisa dipahami. 

Baca juga: Diskon hingga 40% alat masak di promo Tupperware bulan November 2020

  • Kesalahan ketik

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan cover letter Anda bersih dari typo. Jangan sampai ada banyak salah ketik yang membuat recruiter bingung membaca cover letter Anda. 

Kesalahan kecil ini juga bisa mengurangi minat perusahaan untuk melirik lamaran peserta. Terlebih jika kesalahan tersebut ada pada nama perusahaan atau informasi Anda. 

Luangkan waktu untuk meneliti kembali cover letter dan dokumen lamaran kerja Anda. Jika masih ragu, Anda bisa memanfaatkan fasilitas spelling dan grammar checker

Di Microsoft Word atau Google Docs sudah ada fasilitas ini. Kesalahan kata hingga kalimat bisa langsung terdeteksi sehingga bisa segera diperbaiki. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru