Hati-hati! Ini poin penting yang harus dicantumkan saat membuat CV

Selasa, 15 Desember 2020 | 11:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hati-hati! Ini poin penting yang harus dicantumkan saat membuat CV

ILUSTRASI. Hati-hati! Ini poin penting yang harus dicantumkan saat membuat CV.


MENCARI KERJA -  Setiap kali melamar pekerjaan, Anda pasti diminta melampirkan Curriculum Vitae atau CV. Dokumen ini sudah menjadi hal penting dalam setiap rekrutmen kerja. 

Mengutip Indeed.com, CV berasal dari bahasa latin yang berarti sumber kehidupan.  Di dalam CV terdapat informasi singkat mengenai diri Anda serta pencapaian selama Anda bekerja.

Beberapa instansi menyediakan CV online yang bisa diisi oleh pelamar. Sebagian lagi meminta pelamar melampirkan dalam bentuk file. 

Lampiran CV atau riwayat hidup bisa dibuat sendiri atau meminta jasa pembuat CV.  Dalam pembuatannya, ada poin-poin yang perlu Anda perhatikan.

Tidak sembarang informasi bisa Anda masukan dalam daftar riwayat hidup. Hal ini bisa menghindari pemborosan akibat terlalu banyak informasi.

Pihak perusahaan juga lebih suka dengan CV yang detail namun tetap singkat dan jelas. Simak poin-poin penting dalam membuat CV yang dihimpun dari Monster

  • Detail informasi diri

Mengutip dari Monster, detail informasi harus masuk dalam CV. Cantumkan nama, alamat email, dan nomor telepon Anda di CV.

Pastikan alamat email dan nomor telepon masih aktif dan bisa dihubungi. Dengan begitu pihak recruiter bisa menghubungi Anda dengan mudah. 

Informasi lain seperti status pernikahan dan umur tidak perlu dicantumkan. 

Sudah banyak website yang bisa mempermudah membuat CV secara online. Mereka juga menyediakan template gratis dan berbayar yang bisa digunakan.

Baca Juga: Yuk kenali seluk-beluk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

  • Pernyataan singkat

Anda perlu menuliskan pernyataan singkat mengenai diri Anda. Cukup buat satu paragraf yang menonjolkan skill Anda. 

Gunakan kalimat dan kata yang persuasif agar perusahaan tertarik dengan informasi Anda.

Tulis skill yang sesuai dengan lowongan yang Anda lamar. Hindari menambahkan informasi yang tidak perlu. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru