Kilas Teknologi

Hati-hati! Metode peretasan WhatsApp terbaru lewat login akun

Rabu, 21 Oktober 2020 | 14:08 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Hati-hati! Metode peretasan WhatsApp terbaru lewat login akun

ILUSTRASI. Tak ada yang menduga, cara login ke akun WhatsApp bisa disalahgunakan untuk meretas data pengguna tanpa sepengetahuan mereka. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak ada yang menduga, cara login ke akun WhatsApp bisa disalahgunakan untuk meretas data pengguna tanpa sepengetahuan mereka. Penasaran bagaimana caranya?

Melansir Jerusalem Post, jika Anda menerima pesan di ponsel yang menjelaskan bahwa telah terjadi kesalahan dan bahwa Anda telah menerima pesan yang berisi kode dari orang lain yang memungkinkan mereka untuk terhubung ke WhatsApp, jangan pernah mengungkapkan kode ini.

Mengapa? Siapa pun yang memiliki akses ke kode ini, bersama dengan nomor telepon Anda, dapat masuk ke akun Anda, dan memblokir Anda sedemikian rupa sehingga Anda tidak dapat lagi mengaksesnya.

Satu-satunya informasi yang diperlukan untuk terhubung ke akun WhatsApp seseorang adalah nomor telepon yang valid dan kode verifikasi yang akan Anda terima di nomor ini melalui SMS. Kode ini digunakan untuk memverifikasi keaslian orang yang ingin terhubung.

Baca Juga: Update selanjutnya di WhastApp web, bisa melakukan panggilan telepon dan video call

Sayangnya, beberapa orang telah memutuskan untuk memanfaatkan kemudahan penggunaan ini terhadap pengguna WhatsApp.

Jerusalem Post memberitakan, yang perlu mereka ketahui hanyalah nomor telepon calon korban mereka. Dengan mendaftar di aplikasi dengan nomor telepon yang bukan milik mereka, orang-orang yang sama ini tidak dapat mengakses akun tanpa kode akses yang dikirimkan ke telepon korban.

Baca Juga: Tips Whatsapp, membaca pesan tanpa membuka aplikasi di HP Android

Kemudian, para korban menerima pesan berikut: "Hai, saya tidak sengaja mengirim kode verifikasi WhatsApp ke ponsel Anda. Bisakah Anda mengirimkannya kepada saya?"

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru