Gadget

Hati-hati! Pesan menyeramkan di Whatsapp bisa sebabkan crash, ini cara menghindarinya

Selasa, 08 September 2020 | 10:50 WIB Sumber: TheIndependent.co.uk
Hati-hati! Pesan menyeramkan di Whatsapp bisa sebabkan crash, ini cara menghindarinya

ILUSTRASI. ILUSTRASI; Hati-hati! Pesan Menyeramkan di Whatsapp bisa sebabkan crash, ini cara menghindarinya

KONTAN.CO.ID - Belum lama ini salah satu pengguna Whatsapp mengalami crash yang berkelanjutan akibat mendapatkan pesan mengerikan. Pesan mengerikan tersebut menampilkan teks yang aneh dan terlihat seperti sebuah kode.

Perkembangan teknologi mendorong berbagai kemudahan. Termasuk dalam berkomunikasi, semakin mudah lewat berbagai aplikasi yang tersedia di ponsel pintar.

Salah satunya yakni lewat Whatsapp, aplikasi pesan instan ini telah digunakan jutaan orang di seluruh dunia. Karena mudah, Whatsapp juga mendukung berbagai fitur perpesanan yang cukup standar hingga video call.

Kemudahan menggunakan Whatsapp jangan membuat Anda tergiur untuk berbagi kontak dengan siapapun. Apalagi dengan orang yang tidak dikenal, perlu di waspadai lagi.

Nasib apes baru saja menimpa salah seorang pengguna Whatsapp dari Brazil. Mengutip dari Indipenden.co.uk, pengguna Whatsapp dari Brazil ini mendapatkan pesan mengerikan yang membuat Whatsapp crash terus-menerus.

Baca Juga: Bernostalgia mencoba ribuan skin Winamp tanpa harus downnload, begini caranya

Pesan mengerikan tersebut mengandung teks dan huruf yang tidak umum. Bahkan cenderung terlihat seperti deretan kode.

Setelah ditelusuri oleh WABetainfo, situs yang memberikan informasi seputar Whatsapp, pesan tersebut mengirimkan kontak. Bukan hanya satu atau dua kontak saja, melainkan 100 kontak yang diterima langsung oleh pengguna Whatsapp tersebut.

Alhasil Whatsapp langsung crash menerima 100 kontak berbahaya tersebut. 

Baca Juga: Meski diblokir di India, ada PUBG Mobile KW yang tersedia di Playstore

Pesan Menyeramkan Whatsapp

Menurut WABetainfo, dikatakan 'Pesan Menyeramkan' karena dapat menyebabkan Whatsapp crash seketika. Pesan yang berisi teks dan kombinasi kode-kode aneh yang sulit untuk dibaca oleh aplikasi Whatsapp itu sendiri.

Oleh sebab itu aplikasi Whatsapp nge-freeze atau tidak bisa merespon apapun meski kita menekan tombol tertentu. Bahkan bisa berakhir crash pada aplikasi Whatsapp tersebut meski sudah ditutup dan dibuka lagi.

Cara menghindari pesan menyeramkan di Whatsapp

Menurut Ray Walsh seorang ahli dari situs ProPrivacy, ada beberapa cara menghindari pesan menyeramkan di Whatsapp. Yaitu dengan melakukan beberapa langkah pengaturan yang bisa Anda coba.

Berikut langkah mengindari pesan menyeramkan di Whatsapp:

  • Ketuk tiga titik yang berada di pojok kanan Whatsapp.
  • Pilih Settings > Account.
  • Kemudian pilih Privacy.
  • Ubah pengaturan Groups dari 'Everyone' menjadi My contacs atau My contacs except.

Dengan begitu dapat mengurangi resiko Anda untuk dimasukan ke grup-grup yang tidak dikenal yang menyebabkan tersebarnya pesan mengerikan.

Sekali lagi hati-hati ya guys saat menggunakan aplikasi pesan isntant ini. Memang semuanya sudah semakin mudah lewat internet, namun ancaman di luar sana juga semakin banyak.

Selanjutnya: Bisa join banyak orang, berikut cara mudah bikin room video call Whatsapp 50 orang

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru