Hati-hati! Tergiur giveaway di internet bisa bahayakan HP Android Anda

Rabu, 02 September 2020 | 13:21 WIB   Penulis: Arif Budianto
Hati-hati! Tergiur giveaway di internet bisa bahayakan HP Android Anda

ILUSTRASI. Hati-hati! Tergiur giveaway di internet bisa bahayakan HP Android Anda


MALWARE - Hati-hati jika Anda mendapati menang giveaway atau mendapatkan kupon gratis di internet. Bisa jadi, itu bakal membahayakan HP Android Anda. 

Berselancar di internet begitu menyenangkan, Anda bisa menemukan berabgai hal baru. Scroll medsos yang tiada habisnya, mencari informasi terkait tutorial atau resep makanan, hingga menonton video di YouTube.

Sedikit banyak, mungkin Anda pernah mendapati notifikasi menang giveaway atau kupon gratis saat berselancar di internet. Sebagian orang mungkin tertarik dan langsung mengikuti petunjuk giveaway atau kupon gratis tersebut.

Jangan senang dulu, bisa jadi itu merupakan giveaway atau kupon gratis palsu. Bahkan, saat di klik, justru meminta Anda menginstal aplikasi yang tidak jelas.

Dan setelah itu, apa yang Anda dapatkan? Alih-alih ingin mendapatkan hadiah, hal tersebut justru membahayakan HP Android Anda. 

Baca Juga: Hati-hati! Segera hapus 6 aplikasi Android berbahaya ini di HP Anda

Mengutip Komando.com, giveaway atau kupon gratis palsu yang beredar di internet ternyata disisipi malware alias software atau aplikasi yang bertujuan merusak.

Termasuk, HP Android Anda yang terinstall malware tanpa sepengetahuan terancam rusak. Performa HP Android bakal semakin lelet, hingga pada akhirnya Anda mulai kesal menunggu respons ponsel yang lama.

Nah, malware yang disuntikan lewat giveaway atau kupon gratis bakal menginstal tanpa sepengatuhan Anda aplikasi aneh. Mungkin Anda tidak sengaja menginstallnya saat banyak iklan yang muncul di layar.

Mungkin salah satunya membuat Anda menginstal aplikasi yang tidak diinginkan. Alhasil, tanpa sepengetahuan ada aplikasi baru yang telah terpasang pada HP Android Anda.

Inilah yang berbahaya. Berdasarkan laporan White Ops, terdapat 56 aplikasi berbahaya. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Anti kudet! Tutorial bikin Avatar Facebook yang lagi viral

Editor: Arif Budianto

Terbaru