Gadget

Hilangkan suara bising, fitur noise cancellation tersedia di Google Meet versi mobile

Selasa, 29 September 2020 | 13:18 WIB   Reporter: Arif Budianto
Hilangkan suara bising, fitur noise cancellation tersedia di Google Meet versi mobile

ILUSTRASI. Hilangkan suara bising, fitur noise cancellation tersedia di Google Meet versi mobile.


KONTAN.CO.ID - Asyik! Google Meet kedatangan fitur baru. Lewat fitur anyar ini, Google Meet di HP Android dan iPhone bisa menghilangkan suara bising saat meeting online

Sejak pandemi virus corona melanda wilayah di seluruh dunia, rapat banyak berlangsung secara daring. Tentu saja, menggunakan aplikasi populer yang mendukung, seperti Zoom atau Google Meet.

Dua aplikasi populer ini sering orang gunakan untuk melakukan rapat secara online dengan fitur yang memadai. Pengoperasiannya bisa lewat laptop maupun HP Android atau iPhone.

Nah, Google Meet baru saja mendapatkan update fitur baru. Google Meet di HP Android maupun iOS kini sudah bisa mengaplikasikan fitur yang sanggup menghilangkan suara bising atawa noise cancellation.

Baca Juga: Bulan depan, penggunaan Google Meet gratis hanya bisa 1 jam per hari

Lewat fitur itu, pengguna Google Meet bisa menghilangkan suara bising selain suara Anda. Misalkan, Anda sedang berbicara di Google Meet, kemudian di sekitar Anda ada suara motor lewat atau televisi yang sedang menyala.

Jika fitur tersebut Anda aktifkan, otomatis suara bising itu akan hilang. Yang terdengar hanya suara Anda saja di hadapan orang lain yang mengikuti meeting online di Google Meet.

ILLUSTRASI: Google Meet

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur noise cancellation Google Meet di HP Android dan iPhone?

Mengutip dari blog G-Suite updates, secara default atau bawaannya, fitur ini dimatikan oleh sistem. Namun, Anda bisa mengaktifkannya dengan mudah.

Baca Juga: Tips Google Meet, mengubah background menjadi blur

Ketuk layar secara sembarang saat meeting online di Google Meet. Kemudian, akan muncul ikon titik tiga di pojok kanan atas.

Kemudian pilih menu Noise Cancellation. Jika sudah aktif, secara otomatis suara apapun yang mengganggu Anda sekejap hilang.

Mudah sekali bukan? 

Sebagai informasi tambahan, sayangnya fitur ini baru tersedia di beberapa negara saja. Di Indonesia masih belum ada update Google Meet yang muncul di Playstore maupun Appstore.

Sementara fitur noise cancellation di Google Meet Android dan iOS hanya tersedia di Uni Emirat Arab, Afrika Selatan dan negara di sekitarnya.

Tapi tenang saja, fitur noise cancellation di Google Meet laptop sudah bisa Anda gunakan, lo.

Selanjutnya: Inilah tips penting menggunakan Google Meet, bisa menghilangkan suara bising

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru