Honda rancang konsep motor untuk penyandang disabilitas

Senin, 17 Agustus 2020 | 11:24 WIB Sumber: Autoevolution
Honda rancang konsep motor untuk penyandang disabilitas

ILUSTRASI. Honda rancang konsep motor untuk penyandang disabilitas


MOTOR LISTRIK - JEPANG. Honda bersama desainer, Tom Hylton kini sedang merancang motor berkonsep canggih agar dapat dikendarai penyandang disabilitas. Motor ini akan dilengkapi dengan tangan dan kaki robot modular yang diperuntukkan agar memudahkan dalam pengendalian motor.

Baca Juga: Mobil listrik asal China HiPhi X miliki kemiripan dengan Tesla Model X

Dari segi eksterior, motor ini memiliki desain futuristik dengan aksen sporty untuk penyandang disabilitas yang kehilangan tangan dan kaki. Motor ini diklaim juga memiliki dimensi panjang dan lebar yang sangat aerodinamis. Sehingga memungkinkan tingkat keamanan yang maksimal pada setiap gerakan berkendara.

Motor Penyandang Disabilitas

Baca Juga: Xiaomi rilis Ninebot GoKart bersuara mesin Lamborghini

Mengutip dari AutoEvolution, konsep utama dari motor ini yakni self-balancing system sehingga motor dapat berdiri tanpa bantuan apapun. Sebelumnya, konsep ini sudah disematkan pada motor BMW Motorrad Vision Next 100.

Pusat keseimbangan akan diletakkan pada bagian bawah motor. Motor akan diperkuat dengan adanya ground clearance yang cukup rendah dan rangka yang lebar. Fungsinya untuk menjaga kestabilan ketika motor sedang berbelok.

Di bagian depan terlihat keberadaan setang motor dihilangkan. Setang digantikan dengan tangan robot yang sudah terhubung dengan sistem penggerak motor tersebut.

Fitur tercanggih pada motor ini yakni adanya integrasi informasi antara pengendara dengan sistem motor melalui tangan robot tersebut. Sedangkan bagian kaki, sudah dapat bertumpu pada rangka motor tanpa adanya pedal.

Motor ini akan dibekali mesin bertenaga listrik dengan baterai di balik rangka. Hingga kini, Honda dan Hylton belum memberikan keterangan soal spesifikasi mesin maupun masuknya motor ke dalam jalur produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru