Honor 8X jadi penantang serius dua ponsel anyar Xiaomi

Rabu, 07 November 2018 | 17:30 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Honor 8X jadi penantang serius dua ponsel anyar Xiaomi

ILUSTRASI. Smartphone HONOR 8X


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Pertarungan antara smartphone di tahun 2018 terasa sangat sengit. Terutama di kelas menengah atau mid-end yang menawarkan fitur menawan dengan harga yang terjangkau.

Terbukti dari begitu dekatnya jarak peluncuran produk terbaru yang berasal dari dua pabrikan China kemarin hanya berselang beberapa jam. Honor meluncurkan Honor 8X, adapun Xiaomi meluncurkan sekaligus dua produk bersamaan, yaitu Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite.

Meski waktu peluncuran resmi produk baru ini lebih dulu dilakukan oleh Xiaomi yang sudah eksis di Indonesia, bukan berarti performa Honor 8X lantas ketinggalan. Honor malah digadang-gadang bisa menjadi pengancam berbagai lini produk Xiaomi di Indonesia.

Terbukti dari beberapa aspek, Honor 8X mengungguli Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite, dua produk Xiaomi yang baru rilis.

Tengok saja desain mewah dan eyecatchy Honor 8X yang dibalut bahan kaca glossy dan rangka metal terlihat seperti ponsel flagship, padahal ponsel ini masuk ke kelas mid-end. Kesan mewah malah tak tampak di Redmi Note 6 Pro, karena masih terbuat dari sedikit bahan metal dengan rangka plastik layaknya ponsel-ponsel Xiaomi terdahulu.

Desain Honor 8X juga dilengkapi dengan teknologi Chip on Film (COF) yang membuatnya memiliki rasio screen-to-body terbesar di kelasnya, hingga 91%. Bezelnya juga sangat tipis dengan bentang layar 6,5 inci beresolusi 1080 x 2340 piksel Full HD+.

Tampilan layar ini tidak ditemui di Redmi Note 6 Pro, karena besar layarnya hanya 6,26 inci dengan resolusi 1080 x 2280 pixel, lebih kecil dibanding Honor 8X. Layar Mi 8 Lite pun hanya 6,26 inci dengan resolusi layar yang juga lebih kecil.

Urusan dapur pacu, Honor 8X masih unggul dengan menggunakan chipset terbaru Huawei Kirin 710 Octa-core (4x2,2GHz Cortex A-73 & 4x1,7GHz Cortex A-53) yang setara dengan Qualcomm Snapdragon 660 milik Mi 8 Lite.

Tapi kinerja chipset terbaru Huawei tersebut diklaim sedikit lebih unggul dari Snapdragon 660 karena tak menyebabkan boros baterai. Adapun Redmi Note 6 Pro, malah masih mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core 1,8GHz Kryo 260 yang sangat umum digunakan ponsel-ponsel sekelasnya.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru