Otomotif

Hypercar Toyota Gazoo Racing akhirnya debut ke publik, begini tampilannya

Senin, 21 September 2020 | 14:19 WIB Sumber: Car and Driver
Hypercar Toyota Gazoo Racing akhirnya debut ke publik, begini tampilannya

ILUSTRASI. Hypercar Toyota Gazoo Racing debut ke publik, begini tampilannya.

KONTAN.CO.ID - LE MANS. Hypercar terbaru milik Toyota Gazzo Racing, Toyota GR Super Sport akhirnya membuat debut ke publik. Toyota GR Super Sport diperkenalkan pada ajang Le Mans 24 Hours ke-88 di Sirkuit de la Sarthe, akhir pekan lalu.

Toyota GR Super Sport tidak hanya akan membawa persaingan ke balapan LMH mendatang. Tetapi juga, mobil balap ini akan tersedia untuk dikendarai di jalanan umum.

Mengutip Caranddriver.com, Toyota GR Super Sport memiliki basis mobil balap Toyota TS050 Hybrid, yang pernah memenangkan Le Mans dua kali pada 2018 dan 2019. Tujuannya, untuk mengambil konsep mobil yang bisa digunakan untuk teknik balap dari trek hingga jalan raya. 

Toyota sempat membocorkan mobil hypercar Toyota GR Super Sport di awal tahun 2018 dan sempat meluncurkan video teaser di 2019. 

Baca Juga: Paten mobil Hypercar milik Toyota muncul, sinyal segera diproduksi?

Pada 2018 lalu, Presiden Toyota Gazoo Racing Shigeki Tomoyama mengatakan, Toyota akan "mengembangkan mobil sport dari mobil balap aktif". Dan, tentu  Toyota GR Super Sport wujud mobil yang Tomoyama katakan tersebut.

Toyota GR Super Sport yang debut di Le Mans

Hingga kini, Toyota belum memberikan kejelasan spesifikasi mesin dari Toyota GR Super Sport. Hanya, Toyota mengklaim, sebagian besar jeroan Toyota GR Super Sport merupakan bagian utama yang sama dengan Toyota TS050 Hybrid.

Melihat spesifikasi TS050 Hybrid, powertrain yang digunakan merupakan mesin hybrid V-6 injeksi langsung berkapasitas 2.4 liter twin-turbocharged. Mesin milik TS050 itu dipasang di bagian tengah dan motor listrik yang menghasilkan total output 986 horsepower. 

Baca Juga: Honda segera ungkap mobil listrik terbaru di China, begini gambarannya

TS050 Hybrid memulai debutnya di Le Mans pada 2016 dan masih memegang rekor lap balapan saat ini di La Sarthe.

Di ajang Le Mans 24 Hours akhir pekan lalu, Toyota GR Super Sport diperkenalkan dalam bentuk convertible yang masih masuk pada tahap pengembangan. Mobil tersebut sempat dikendarai untuk melakukan demonstrasi lap di sekitar lintasan oleh mantan pembalap Toyota Gazoo, Alex Wurz.

Tentunya, ketika Toyota GR Super Sport berada di jalan raya, apakah dengan kekuatan mesin yang sama? 

Selanjutnya: Blackberry membidik dunia otomotif, ini rencana bisnisnya

 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru