Ibu bekerja dan ibu rumah tangga, mana yang lebih baik?

Senin, 03 Agustus 2020 | 16:16 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Ibu bekerja dan ibu rumah tangga, mana yang lebih baik?

ILUSTRASI. Ibu bekerja dan ibu rumah tangga, sama-sama pahlawan rumah tangga: DOK Shutterstock      

KONTAN.CO.ID -  Selama ini masih banyak yang memperdebatkan ibu bekerja dan ibu rumah tangga. Banyak yang beranggapan ibu bekerja tidak lebih mulia dari ibu rumah tangga.

Wanita karir atau ibu rumah tangga memiliki peran yang sama. Masing-masing memainkan peran sebagai ibu sama baiknya. Tanpa ada yang lebih unggul maupun lebih kurang. 

Baca Juga: Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif

  • Bekerja maupun menjadi ibu rumah tangga merupakan pilihan

Menjadi ibu bekerja atau ibu rumah tangga pastinya sudah dipertimbangkan. Pertimbangan tersebut tentunya melibatkan banyak pihak termasuk suami. 

Menjadi wanita karir mungkin dipilih karena ekonomi yang mendesak. Mengandalkan penghasilan satu pintu tidak mencukupi, sehingga istri juga harus bekerja. Atau suami yang mendukung karir istri dan mendorong untuk terus berkembang.

Memilih menjadi ibu rumah tangga pun sudah pasti dilalui dengan berdiskusi. Melihat bagaimana ekonomi rumah tangga dan kemampuan suami istri.

  • Setiap ibu memiliki alasannya sendiri

Setiap pilihan yang diambil seorang ibu, pasti ada alasan yang mendasar. Tidak semua ibu bekerja egois dan tidak semua ibu rumah tangga malas berkembang.

Wanita karir mungkin saja terpaksa bekerja karena ekonomi keluarga yang tidak baik. Penghasilan suami yang belum mencukupi atau kebutuhan anak mulai banyak. 

Begitu juga ibu yang memilih menjadi full mom. Mereka mengabdikan diri menjadi ibu rumah tangga agar buah hati bisa mendapat pengawasan.

Tapi bukan berarti wanita karir tidak sayang pada anak mereka. Banyak wanita karir yang mampu menjalin hubungan baik dengan buah hati. Kuncinya dari pembagian waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru