Edukasi

Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif

Senin, 03 Agustus 2020 | 13:50 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif

ILUSTRASI. Mulai tergerus zaman, ini permainan tradisional yang sarat nilai positif.

KONTAN.CO.ID - Seiring perkembangan zaman, permainan tradisional mulai dilupakan bahkan ada yang menghilang. Lahan kosong yang menyusut dan perkembangan teknologi menjadi faktor permainan tradisional ditinggalkan.

Anak-anak zaman sekarang alias zaman now lebih suka memegang gawai dan bermain game online. Kebiasaan ini sejatinya bisa menghambat perkembangan sosial anak. Mereka cenderung mengasingkan diri dan tidak mau bersosialisasi.

Anak-anak yang kecanduan gadget juga jarang berolahraga. Akibatnya, tubuh mereka akan lebih lemah dan mudah sakit.

Padahal, banyak sekali permainan tradisional yang bermanfaat bagi anak-anak. Ada permainan yang bisa anak-anak lakukan berdua atau berkelompok. 

Tambah lagi, permainan tradisional tersebut banyak mengajarkan nilai-nilai positif. Anak-anak bisa belajar tentang kerjasama, kesabaran, hingga ketelitian. 

Baca Juga: Bisa dinikmati bersama, ini 3 film kartun yang mendidik untuk anak dan keluarga

Selain bermain, anak-anak juga sekaligus berolahraga. Mereka tanpa sadar akan bergerak dan berlari saat bermain permainan tradisional. Berikut permainan tradisional dan nilai yang terkandung di dalamnya:

  • Petak umpet

Petak umpet selalu masuk dalam daftar permainan tradisional yang mulai "menghilang". Permainan ini cukup sederhana dengan pemain minimal tiga orang.

Permainan ini dimulai dengan hompimpa atau suit untuk menentukan siapa menjadi penjaga. Setelah ditentukan, penjaga akan menutup mata dan menghitung. Hitungan biasanya merupakan kesepakatan bersama.

Saat penjaga menghitung, pemain lain akan bersembunyi. Setelah hitungan selesai, penjaga akan mencari pemain yang bersembunyi. 

Pemain yang pertama kali ditemukan yang menjadi penjaga berikutnya. Permainan selesai setelah semua pemain ditemukan oleh penjaga. 

Baca Juga: PV Baru Film Doraemon Stand By Me 2 tampilkan hubungan rumit Nobita dan Shizuka

Permainan tradisional ini terlihat simpel, tetapi ada nilai positif yang bisa anak-anak ambil. Anak-anak bisa melatih kecerdasan mereka saat mencari tempat persembunyian. Mereka juga belajar untuk teliti dan hati-hati saat bertindak.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru