Ide Feng Shui Rumah untuk Ruangan Dapur, Datangkan Kesehatan juga Keberuntungan

Selasa, 13 September 2022 | 14:52 WIB   Penulis: Arif Budianto
Ide Feng Shui Rumah untuk Ruangan Dapur, Datangkan Kesehatan juga Keberuntungan

ILUSTRASI. Ide Feng Shui Rumah untuk Ruangan Dapur, Datangkan Kesehatan, Keberuntungan, dll.


KONTAN.CO.ID - Inilah ide feng shui rumah untuk ruangan dapur, datangkan kesehatan, keberuntungan, hingga hal-hal positif termasuk kesejahteraan. Menurut feng shui, dapur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang punya peran penting.

Dikutip dari Magicbricks, dapur adalah tempat yang diperintahkan oleh elemen api dan dianggap sebagai tempat yang menyediakan kesehatan dan makanan bagi seluruh anggota keluarga.

Menurut kebijksanaan China kuno, dapur feng shui dapat mendatangkan hal-hal positif, kesehatan, kesejahteraan dan keberuntungan ke dalam rumah. Tetapi dengan catatan, ada beberapa aturan yang harus diterapkan.

Berikut beberapa ide menarik yang mungkin dapat Anda aplikasikan untuk feng shui dapur:

Ciptakan Dapur dan Ruang Makan Rapi dan Nyaman, Simak Tips Jitu dari IKEA!

1. Arah dapur feng shui itu penting

Para ahli memberi tahu bahwa arah dapur memainkan peran penting dalam feng shui. Dapur adalah tempat yang sangat memengaruhi kesehatan setiap orang yang tinggal di rumah, karena merupakan tempat yang membawa makanan.

Oleh karena itu, penting untuk mengingat aturan feng shui arah dapur seperti berikut:

  • Bagian tengah rumah adalah tempat yang menguntungkan untuk dapur dan dapat menyebabkan ketidakstabilan dalam hubungan di rumah dan juga dapat menarik masalah kesehatan.
  • Kamar kecil tidak boleh menghadap ke dapur sesuai dengan arah dapur feng shui. Hal ini karena dapur mewakili energi api dalam suatu ruang, dan toilet atau kamar kecil melambangkan energi air. Jadi, apabila dapur dan kamar mandi saling berhadapan akan menciptakan energi yang saling bertentangan, ini menghasilkan qi yang buruk.
  • Jika dapur Anda di depan rumah, dapat menyebabkan masalah dengan keuangan, karena Anda akan mengekspos bagian kekayaan rumah. Lebih baik memiliki dapur di belakang.

2. Pilih warna dapur feng shui yang sesuai

Menurut beberapa ahil feng shui, warna putih adalah warna yang terbaik dan paling aman untuk dapur. Warna ini memancarkan kepositifan dan kejelasan, dan juga membawa chi ke tingkat yang lebih tinggi.

Tapi, jika Anda khawatir dengan warna putih yang sulit dipertahankan di dapur, pilihlah warna yang cocok untuk dapur feng shui.

Karena dapur mewakili elemen api, Anda harus menyeimbangkannya dengan warna-warna sejuk seperti biru atau hijau. Menambahkan nada netral seperti coklat dan abu-abu lembut juga bermanfaat untuk dapur feng shui.

Baca Juga: 4 Aturan Feng Shui Rumah 2022 di Area Kamar Tidur, Rehat untuk Hari Esok Lebih Baik

3. Beri perhatian terhadap kompor

Kompor adalah hal yang terpenting di ruangan dapur. Kompor harus selalu memiliki dinding di belakangnya sebagai penopang.

Tidak memiliki dinding yang kokoh di belakang dapat menarik energi dari segala arah yang menciptakan ketidakseimbangan dalam qi dan bahkan dapat membawa masalah kesehatan bagi orang yang tinggal di rumah Anda.

Penempatan kompor yang tidak tepat juga dapat mempengaruhi kehidupan keluarga dan bahkan dapat menyusahkan orang yang ingin  memiliki anak.

4. Hindari peralatan makan yang pecah belah

Barang-barang pecah belah mewakili keberuntungan dan kekayaan di rumah sesuai aturan dapur feng shui. Ketika Anda memiliki peralatan makan yang pecah di rumah, itu menandakan kegagalan dan harus segera diganti.

Miliki dapur yang lengkap dengan peralatan dengan fungsinya masing-masing, peralatan makan, dan barang pecah belah untuk memastikan chi positif di sektiar Anda.

Ketika Anda merawat piring, mangkuk, dan mug, itu menandakan bahwa Anda peduli dengan kesehatan dan gizi keluarga Anda.

5. Jaga dapur dari segala kekacauan

Salah satu aturan feng shui yang paling penting untuk semua ruangan adalah menjaganya agar tetap bersih dan rapi.

Termasuk untuk ruangan dapur ini. Dapur yang berantakan mungkin memilii energi yang berkutat di situ, cepat atau lambat akan diubah menjadi qi negatif.

6. Pencahayaan di dapur feng shui

Tarik energi yang baik di rumah Anda dengan pencahayaan yang tepat di dapur. Cahaya alami yang masuk dari jendela membawa qi positif ke dalam ruangan Anda dan juga membuat dapur terlihat lebih bagus.

Gabungkan pencahayaan berlapis di dapur Anda dengan lampu tambahan jika perlu. Memiliki cahaya yang cukup di dapur Anda menjauhkan sesuatu yang buruk dan perasaan depresi.

Itu juga memastikan aliran energi yang berkelanjutan di ruang sesuai tips dapur feng shui.

Baca Juga: 8 Panduan Feng Shui untuk Pengusaha, Membawa Hoki dan Kesuksesan Bisnis

7. Perbaiki keran yang bocor

Tips feng shui untuk wastafel dapur dan kompor menyarankan supaya Anda tidak memiliki keran yang bocor di dapur.

Hal tersebut dapat berakibat buruk bagi rumah tangga. Para ahli mengungkapkan bahwa air yang tidak seharusnya menetes dari keran menghasilkan energi dan kekayaan positif yang konstan. Keran bocor bisa menjadi salah satu alasan terbesar penipisan kekayaan di rumah Anda.

Ya, dengan keran yang bocor air akan terus menerus dan mungkin itu membuat tagihan air Anda membengkak.

8. Tambahkan elemen kayu

Sesuai dengan tips dapur feng shui, elemen kayu mewakili pertumbuhan dan vitalitas. Itu juga berarti kebaikan dan menarik hal-hal positif.

Memiliki elemen kayu yang kuat di dapur Anda dapat membantu menghadirkan optismisme dalam sebuah rumah dan mempererat keluarga.

Anda dapat menambahkan lemari atau bagian sendok yang terbuat dari bahan kayu. Tanaman juga mewakili energi kayu di sebuah ruang dan dapat membuat dekorasi dapur yang menyenangkan.

9. Lemari kaca untuk dapur feng shui

Saat Anda menempatkan lemari kaca di dapur, menciptakan ruang yang bebas, bersih, dan lega, sesuai dengan dapur feng shui.

Ini juga mendorong aliran energi yang konstan di ruangan Anda, sehingga menyambut hadirnya qi. Dengan lemari kaca, Anda juga cenderung menjaga ruang tetap bersih dan tidak berantakan sehingga menghindari hal-hal negatif.

Demikian sederet ide feng shui untuk ruangan dapur. Intinya adalah dengan selalu menjaga dapur sesuai dengan fungsinya, tidak ada yang berantakan atau pun rusak, energi positif akan selalui berputar di ruangan tersebut.

Apakah Anda tertarik untuk mengatur ruangan dapur Anda sesuai dengan ide feng shui di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru