IFG Labuan Bajo Marathon 2024: Marathon, Topografi Menantang, dan Keelokan Alam

Minggu, 11 Agustus 2024 | 22:26 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
IFG Labuan Bajo Marathon 2024: Marathon, Topografi Menantang, dan Keelokan Alam

ILUSTRASI. Penari memberikan dukungan kepada para pelari?IFG Labuan Bajo Marathon 2023 yang berlangsung di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (4/11/2023).


EVENT LARI - JAKARTA. Indonesia Financial Group (IFG) kembali menggelar lomba lari IFG Labuan Bajo Marathon (IFG LBM). Acara ini bakal berlangsung pada 9 November 2024 nanti.

IFG Labuan Bajo Marathon 2024 yang mengambil tempat di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu ikon event marathon terindah di Indonesia.

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengatakan, IFG terus berkomitmen untuk mengajak masyarakat menjalankan gaya hidup sehat dan aktif.

Sekaligus, memperkuat literasi pentingnya asuransi sebagai instrumen proteksi masa depan melalui kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon.

"IFG LBM 2024 merupakan event tahunan IFG yang diselenggarakan dengan semangat kolaborasi antara IFG dan anggota holding sebagai bagian dari ekosistem BUMN Bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat," ujar Hexana saat peluncuran IFG Labuan Bajo Marathon 2024 di Jakarta, Minggu (11/8).

Baca Juga: 2.000 Pelari Ikut IFG Labuan Bajo Marathon 2023, Pelari Kenya Juara FM dan HM

IFG LBM 2024 tidak hanya memberikan pengalaman ikonik bagi pelari, tetapi juga berdampak positif pada sosial ekonomi di Labuan Bajo, terutama karena pelari cenderung tinggal lebih lama di sana. 

"Dengan lebih lama tinggal di Labuan Bajo, diharapkan terjadinya transaksi ekonomi lebih besar. Inilah yang membedakan event ini dari marathon lainnya," jelas Hexana.

Sekretaris Perusahaan IFG sekaligus Ketua Pelaksana IFG LBM 2024 Oktarina Dwidya Sistha menyebutkan, IFG LBM 2024 mengangkat tema The Most Beautiful Marathon in Indonesia. 

"Tema ini merepresentasikan perpaduan antara marathon dengan topografi yang menantang, sekaligus menyajikan keelokan alam Labuan Bajo," sebutnya.

"Kami ingin para peserta mendapatkan pengalaman lari yang tak terlupakan dan bisa mempromosikan keindahan alam Labuan Bajo ke kancah internasional," ujar Sistha.

Baca Juga: IFG Labuan Bajo Marathon, Ikon Baru Agenda Olahraga Atletik di Tanah Air

Penyelenggaraan IFG LBM 2023 sukses melampaui target dengan jumlah peserta mencapai 2.000 orang dari target 1.500 orang. 

"Antusiasme yang luar biasa ini mendorong kami untuk menargetkan partisipasi 2.000 pelari pada tahun 2024, dengan harapan dapat menarik lebih banyak lagi peserta dari berbagai daerah bahkan mancanegara,” tambahnya.

IFG LBM 2024 menyediakan total hadiah Rp 500 juta. “Harapan kami ini bisa menjadi daya tarik bagi para atlet atau pelari profesional untuk mengikuti ajang IFG LBM 2024,” ungkap Sistha.

Race Director IFG LBM Satrio Guardian menambahkan, untuk mengakomodasi berbagai kalangan pelari, IFG LBM 2024 menyediakan empat kategori lomba, yaitu Marathon (42km), Half Marathon (21km), 10K, 5K, dan juga Kids Sprint. 

Seluruh peserta akan dimanjakan dengan rute yang menyajikan keindahan alam Labuan Bajo, mulai dari pesisir pantai yang eksotis hingga perbukitan.

Baca Juga: IFG Labuan Bajo Marathon Ikut Menggerakkan Perekonomian Masyarakat

Satrio bilang, pada tahun ini, 90% petugas seperti marshall, bike marshall, dan traffic controller berasal dari warga Labuan Bajo. 

"Setiap penyelenggaraan IFG LBM, kami turut melibatkan partisipasi masyarakat untuk menyukseskan acaranya. Hal ini diyakini dapatmemberikan dampak positif bagi masyarakat," kata Satrio.

Kenyamanan dan keamanan peserta menjadi prioritas utama. IFG telah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan keselamatan para pelari, termasuk dukungan medis yang memadai dan perlindungan asuransi.

Selain lomba lari, IFG LBM 2024 juga akan dimeriahkan dengan berbagai hiburan menarik. Para peserta akan mendapatkan pengalaman end-to-end yang menyenangkan dan mudah, mulai dari proses pendaftaran hingga acara puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru