Imbas wabah virus corona, seri pembuka MotoGP Qatar batal dilaksanakan

Senin, 02 Maret 2020 | 08:37 WIB   Reporter: Handoyo
Imbas wabah virus corona, seri pembuka MotoGP Qatar batal dilaksanakan

ILUSTRASI. Maverick Vinales


OLAHRAGA - LOSAIL. Seri perdana MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret 2020, batal akibat dampak penyebaran Covid-19 alias virus Corona. Meski begitu Moto2 dan Moto3 masih digelar di Qatar. 

"FIM, IRTA dan Dorna menyesal mengumumkan pembatalan semua sesi kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," tulis pernyataan resmi penyelenggara mengutip MotoGP.com, Minggu (2/3).

Baca Juga: Qatar waspada corona, pembalap MotoGP kena getahnya

Dengan demikian keputusan ini merevisi pernyataan Dorna sebelumnya yang mengatakan tidak akan mengubah jadwal balapan ternait penyebaran virus tersebut. "Posisi dari FIM dan Dorna tidak berubah. Qatar Grand Prix, dan acara berikutnya, akan berlanjut secara normal," tulis pernyataan resmi dari Dorna, dikutip dari Crash.net, belum lama ini.

Keputusan membatalkan kelas MotoGP di seri pembuka tak lepas dari upaya pemerintah Qatar untuk membatasi penyebaran virus Corona di negara kaya minyak tersebut. Pemerintah Qatar menyeleksi ketat para pendatang dari Italia. Semua yang datang dari Italia lewat penerbangan langsung atau telah berada di negeri piza dalam dua pekan terakhir akan masuk karantina, selama 14 - 28 hari. 

Selain China sebagai negara asal virus tersebut dan beberapa negara Asia lain seperti Korea Selatan, Thailand. Negara-negara Eropa pun tak luput dari wabah virus Corona, salah satunya Italia. Padahal seperti diketahui Italia punya peran besar dalam MotoGP. 

Baca Juga: Seri MotoGP dan F1 di Asia Tenggara tetap digelar sesuai jadwal

Setidaknya ada enam pembalap Italia di kelas premier, belum lagi ratusan kru tim dari level bawah sampai tinggi di berbagai tim MotoGP. Adapun untuk Moto2 dan Moto3 tetap dilaksanakan sebab semua tim sudah berada di Qatar sejak beberapa hari lalu untuk menyelesaikan tes pramusim kedua yang berlangsung akhir pekan ini. 

"Karena tim dan pembalap kelas Moto2 dan Moto3 sudah berada di Qatar untuk tes resmi tiga hari di Sirkuit Internasional Losail awal pekan ini, balapan kedua kategori akan dimungkinkan," tulis pernyataan. 

Adapun GPOne menyebut seri kedua di Thailand yang digelar 20-22 Maret juga dikabarkan bakal ditunda sampai waktu yang belum diputuskan. Ada kemungkinan jadwalnya dipindah ke akhir tahun seperti pada musim lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seri Pembuka MotoGP Qatar Batal karena Virus Corona"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru