Edukasi

Indonesia langganan gempa, berikut langkah antisipasi untuk menghadapinya

Rabu, 08 Juli 2020 | 14:25 WIB Sumber: BMKG
Indonesia langganan gempa, berikut langkah antisipasi untuk menghadapinya

ILUSTRASI. Sejumlah rumah di Sukabumi runtuh akibat gempa, Selasa (10/3/2020).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Letak geografis negara kita menjadi sebab banyak lindu di Nusantara.

Gempa sering terjadi, baik dengan magnitudo lemah maupun kuat. Yang terbaru adalah lima gempa dengan magnitudo di atas 5 yang terjadi di beberapa wilayah pada 7 Juli 2020, yaitu di daerah Bengkulu, Pangandaran, Rangkasbitung, Jepara, dan Donggala.

Pemerintah termasuk BMKG sudah memberikan langkah-langkah jika terjadi gempa. Tidak hanya saat terjadi gempa, ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebelum dan sesudah gempa terjadi.

Berikut adalah langkah-langkah antisipasi gempa dari BMKG mengutip laman resmi lembaga ini:

Baca Juga: Setelah Banten dan Jawa Barat, gempa magnitudo 5,2 getarkan Bengkulu

Sebelum terjadi gempa

Mencari dan memperbanyak informasi mengenai gempa. Periksa lingkungan dan kondisi tempat tinggal Anda. Pastikan bangunan rumah Anda cukup kuat agar dapat meminimalisir kerusakan saat gempa terjadi. 

Mengenali lingkungan tempat bekerja penting jika terjadi gempa saat Anda bekerja. Catat dan ingat-ingat letak lift dan tangga darurat di tempat kerja.

Berlatihlah cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), alat pemadam kebakaran, dan catat nomor telepon penting yang berkaitan dengan gempa.

Persiapan rutin di tempat kerja dan tempat tinggal dengan selalu mengevaluasi barang Anda. Pastikan perabotan, seperti lemari dan kabinet, Anda tempel, ikat, atau tali pada dinding agar tidak jatuh atau bergeser saat gempa. 

Baca Juga: Sebayak 5.818 gempa telah menggunjang Indonesia, begini penjelasan BMKG

Semua barang yang mudah terbakar sebaiknya Anda simpan di tempat yang tidak mudah pecah, agar enggak gampang terbakar saat gempa terjadi. Selalu matikan air, gas, dan listrik saat tidak Anda gunakan.

Mengatur perabotan dengan menempatkan barang yang berat di bagian bawah serta mengecek kestabilan benda yang digantung seperti lampu. Selalu sediakan alat-alat penunjang, seperti P3K, senter dan baterai, radio, makanan instan, dan air, untuk berjaga-jaga.

Saat terjadi gempa

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru