Indonesia Open 2021: Jonatan Christie gagal melangkah ke final

Sabtu, 27 November 2021 | 20:13 WIB Sumber: Kompas.com
Indonesia Open 2021: Jonatan Christie gagal melangkah ke final

ILUSTRASI. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal melaju ke final Indonesia Open 2021


KONTAN.CO.ID - DENPASAR. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie gagal melaju ke final Indonesia Open 2021 setelah dikalahkan wakil Denmark, Viktor Axelsen, pada laga semifinal. 

Pertandingan semifinal Indonesia Open 2021 antara Jonatan Christie melawan Viktor Axelsen berlangsung di Bali International Convention Centre, Nusa Dua Bali, Sabtu (27/11/2021). 

Jonatan Christie gagal meraih tiket final Indonesia Open 2021 setelah kalah dua set langsung 19-21, 15-21 dari pemain tunggal putra peringkat kedua dunia itu. 

Mengawali set pertama, Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, langsung unggul 1-0. Axelsen berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, lalu laga berjalan sengit hingga skor imbang 3-3. 

Jonatan Christie sempat kembali unggul 6-3, tetapi Axelsen lagi-lagi mampu menyamakan kedudukan. 

Baca Juga: Indonesia Open 2021: Ganda putri Greysia/Apriyani lolos ke final

Kejar mengejar poin kembali berjalan sengit. Namun, Jojo akhirnya berhasil menutup interval gim pertama dengan kedudukan 11-9. Selepas jeda, Jojo memulai pertandingan dengan serangan tajam dan membuahkan poin pertama. Kedudukan pun menjadi 21-9. 

Sayangnya, Jojo melakukan kesalahan sendiri yang menguntungan Axelsen. Skor pun menjadi imbang 12-12. Rally terjadi setelah kedudukan imbang. Kedua pemain memainkan bola-bola lambung dan saling menyerang. 
Beruntung, shuttlecock yang dipukul Axelsen tersangkut di net sehingga menghasilkan poin untuk Jojo. Kedudukan pun menjadi 13-12. 

Namun, keunggulan Jojo tidak bertahan lama, karena beberapa menit kemudian Axelsen kembali menyamakan kedudukan menjadi 13 sama. Jojo tidak mau menyerah dan terus berupaya mengontrol permainan. Pebulu tangkis peringkat ketujuh dunia itu mendapatkan tiga poin beruntun hingga unggul 16-13. 

Namun, Axelsen kemudian berhasil menyusul perolehan angka menjadi 16-16. Secara perlahan, Jojo kembali mendulang satu per satu poin dan unggul 18-16, tetapi Axelsen lagi-lagi menyamakan kedudukan. 

Axelsen melesatkan smash silang dan menghasilkan tambahan satu poin. Pemain Denmark itu pun berbalik unggul 19-18. Dalam kondisi tertinggal, Jojo berupaya tetap tenang. Dia sempat menyamakan kedudukan menjadi 19-19. 

Namun, Jojo kemudian melakukan dua kesalahan beruntun yang membuat gim pertama jatuh ke tangan Axelsen dengan skor 21-19. 

Memasuki gim kedua, pertandingan berjalan lebih sengit. Rally-rally dimainkan, tetapi Axelsen tetap berhasil memimpin. Pemain Denmark itu berturut unggul 1-0, 2-1, 3-2, hingga 7-2. 

Kendati tertinggal jauh, Jojo tidak mau menyerah. Pemain Indonesia itu pun mendulang satu per satu angka hingga mampu menyamakan kedudukan menjadi 8-8. Namun, backhand sempurna dari Axelsen tidak mampu dibendung Jojo. Pemain Denmark itu pun kembali unggul 9-8. 

Saat memasuki interval gim kedua, Axelsen sudah unggul 11-8 atas Jonatan Christie. 

Setelah jeda, Jojo mencoba memberi perlawanan dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 12-12. Akan tetapi, Axelsen kemudian mampu kembali unggul jauh 16-12 berkat kesalahan-kesalahan yang dilakukan Jojo. 

Jojo kembali mengejar poin menjadi 14-16. Namun, Axelsen terus melaju dan tidak terbendung. Tunggal putra unggulan kedua itu pun akhirnya menang dengan skor 21-15 di gim kedua. 

Kemenangan atas Jonatan Christie memberi Viktor Axelsen tiket ke final Indonesia Open 2021. All Denmark final pun berpeluang tersaji di Indonesia Open 2021 karena rekan senegara Axelsen, Rasmus Gemke, juga bertanding di semifinal. 

Rasmus Gemke akan melawan pebulu tangkis Singapura, Loh Kean Yew, pada semifinal Indonesia Open 2021.

Baca Juga: Indonesia Open 2021: Marcus/Kevin melaju ke final

Penulis : Tri Indriawati
Editor : Tri Indriawati

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Indonesia Open 2021 - Dikalahkan Axelsen, Jonatan Christie Batal ke Final".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru