Indonesia siapkan 10 stadion untuk perhelatan piala dunia U-20 tahun 2021

Minggu, 03 November 2019 | 14:10 WIB   Reporter: Abdul Basith
Indonesia siapkan 10 stadion untuk perhelatan piala dunia U-20 tahun 2021

ILUSTRASI. Foto udara Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (29/10/2019). Stadion Patriot Candrabhaga menjadi salah satu dari 10 stadion yang diajukan PSSI pada FIFA sebagai venue pada ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang. ANTARA FOTO/Hafidz Mub


SEPAK BOLA - JAKARTA. Indonesia telah menyiapkan 10 stadion yang dapat digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah gelaran sepak bola tersebut. Kesiapan Indonesia disampaikan Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di sela pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Thailand.

"Indonesia tengah mempersiapkan 10 stadion yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, dan Bali sebagai lokasi pertandingan," jelas Jokowi dalam siaran pers, Minggu (3/11).

Baca Juga: Pemerintah siap dukung penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021

Jokowi bilang Indonesia akan menjamin penyelenggaraan Piala Dunia U-20 berlangsung sukses. Ia juga menambahkan bahwa Indonesia telah memiliki pengalaman menyelenggarakan pesta olah raga terbesar di Asia, yaitu Asian Games sebelumnya.

Pihak FIFA pun diundang untuk mengunjungi Indonesia sebelum penyelenggaraan. Hal itu untuk menjamin standar yang terdapat pada stadion Indonesia dan kelengkapan lainnya sesuai dengan standar FIFA. "Kami gembira jika ada masukan, termasuk standar kelayakan stadion dan lainnya," ujar Jokowi.

Harapan besar terkait suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 juga disampaikan oleh Gianni kepada Jokowi. Hal itu mengingat besar dan banyaknya pecinta sepak bola di Indonesia.

Baca Juga: Cuma gara-gara dari Indonesia, Arsenal batal rekrut Bagus Kahfi

"Kami yakin Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juga penduduk, dapat menjadi tuan rumah  yang baik. Apalagi didukung oleh 200 juta fans sepakbola ini penting bagi kami," ucap Gianni.

Selain dengan Indonesia, FIFA juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan ASEAN. Terdapat empat kerja sama dalam MoU tersebut.

Antara lain promotion of sport integrity, sport for development, FIFA football for school programme, dan professional capacity building. MoU tersebut ditandatangani Gianni bersama dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru