Indonesia Tuan Rumah FIBA Basketball World Cup 2023, Bintang NBA Berlaga di Jakarta

Sabtu, 29 April 2023 | 23:29 WIB Sumber: Kompas.com
Indonesia Tuan Rumah FIBA Basketball World Cup 2023, Bintang NBA Berlaga di Jakarta

ILUSTRASI. FIBA Basketball World Cup: Pekerja berjalan usai penyelesaian akhir atap bangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan,


BASKET NBA - JAKARTA. Indonesia siap menjadi tuan rumah FIBA Basketball World Cup 2023. Bintang-bintang NBA pun bakal berlaga di Jakarta.

FIBA Basketball World Cup atau Piala Dunia Basket FIBA 2023 akan digelar di Indonesia, Filipina, dan Jepang pada 25 Agustus sampai dengan 10 September 2023 mendatang.

Meski gagal lolos usai kalah dari China pada playoff FIBA Asia Cup 2022, Indonesia siap menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023. Undian FIBA World Cup 2023 sendiri telah dilaksanakan di Manila, Filipina, pada Sabtu (29/4/2023) malam.

Tuan rumah Filipina masuk Grup A bersama Angola, Dominika, dan Italia. Sementara itu, tuan rumah lainnya yakni Jepang tergabung di Grup E bersama Jerman, Finlandia, dan Australia.

Adapun Indonesia bakal menggelar laga-laga Grup G dan H. Dua grup ini dihuni oleh tim-tim kuat di panggung basket dunia. Grup G ditempati oleh sang juara bertahan Spanyol yang akan bersaing dengan Iran, Pantai Gading, dan Brasil.

Baca Juga: Tuan rumah Piala Dunia FIBA, RI akan bangun stadion basket sekelas Staples Center

Kemudian di Grup H ada Perancis, Kanada, Latvia, dan Lebanon. Spanyol merupakan juara FIBA World Cup edisi terakhir yang diselenggarakan di China pada 2019 lalu. Skuad Spanyol yang dilatih Sergio Scariolo diprediksi bakal kembali mengandalkan Ricky Rubio.

Saat Spanyol menjadi juara pada FIBA World Cup 2019, Rubio yang kini bermain di NBA bersama Cleveland Cavaliers terpilih sebagai Pemain Terbaik alias Mos Valuable Player (MVP).

Selain Ricky Rubio, Spanyol juga masih punya bintang-bintang basket yang berkarier di NBA, di antaranya adalah dua bersaudara Guillermo Gustavo "Willy" Hernangomez (New Orleans Pelicans) dan Juancho Hernangomez (Toronto Raptors), serta Usman Garuba (Houston Rockets) dan Santi Aldama (Grizzlies).

Tak hanya nama-nama tersebut, skuad Spanyol juga punya bintang-bintang lokal lainnya yang bermain di kompetisi basket Eropa, Euroleague.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru