Ini 4 Cara Mematikan Laptop Windows lewat Shortcut Keyboard yang Benar

Minggu, 01 September 2024 | 07:15 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 4 Cara Mematikan Laptop Windows lewat Shortcut Keyboard yang Benar

ILUSTRASI. Ilustrasi SMS di HP/Rawpixel.com via Freepik.com


TIPS & TRIK - JAKARTA. Pelajari cara mematikan laptop Windows menggunakan keyboard, yang merupakan salah satu komponen perangkat keras penting untuk bekerja, belajar, dan hiburan.

Setiap laptop memiliki umur dan kinerja yang dipengaruhi oleh kombinasi perangkat lunak dan perangkat kerasnya. Seiring bertambahnya usia dan kondisi fisik laptop, kinerja perangkat bisa menurun, termasuk penurunan performa RAM pada laptop Windows.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mematikan laptop Windows menggunakan keyboard.

Baca Juga: Periksa Cara Mengganti Wallpaper Laptop Windows untuk Pemula

Cara Mematikan Laptop Windows dengan Keyboard

Laptop Asus

Keyboard pada laptop memainkan peran penting dalam mengoperasikan perangkat tanpa perlu menggunakan kursor. Selain untuk memasukkan input seperti angka, huruf, dan simbol, keyboard juga memiliki beberapa pintasan yang memudahkan proses mematikan laptop Windows 7, 8, hingga 10.

Pastikan setiap langkah dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan kondisi laptop yang digunakan.

Ada beberapa panduan mematikan laptop Windows dengan shortcut yang dapat diterapkan di beberapa versi Windows, dilansir dari 91 mobiles.

Baca Juga: ASUS Zenbook 14 OLED, Laptop ASUS AI Premium, Tipis dan Ringan

1. Mematikan Laptop Windows dengan Windows + U

Metode ini melibatkan menekan tombol Windows di keyboard (biasanya terletak di antara tombol Ctrl dan Alt) dan tombol U secara bersamaan. Setelah itu, tekan tombol U lagi beberapa kali hingga laptop mulai mati. Ini adalah cara cepat untuk mematikan laptop melalui kombinasi tombol tanpa harus menggunakan mouse atau touchpad.

2. Mematikan Laptop Windows dengan ALT + F4

Untuk mematikan laptop dengan metode ini, tekan tombol ALT dan F4 secara bersamaan. Setelah itu, sebuah jendela dengan beberapa opsi akan muncul di layar. Anda bisa mengarahkan pilihan ke opsi "Shutdown" dengan menggunakan tombol panah atau mouse, lalu tekan Enter.

Laptop akan segera mati. Metode ini berguna ketika Anda ingin mematikan laptop dengan cepat setelah menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

3. Mematikan Laptop Windows dengan CTRL + ALT + DEL

Untuk mematikan laptop menggunakan kombinasi ini, tekan tombol CTRL, ALT, dan DEL secara bersamaan. Setelah Anda melakukannya, layar akan berubah ke menu keamanan yang menampilkan beberapa opsi seperti "Lock," "Switch User," dan "Task Manager." Di sudut kanan bawah, Anda akan melihat ikon daya. Klik ikon tersebut dan pilih "Shutdown" untuk mematikan laptop.

4. Mematikan Laptop Windows dengan tombol power

Pada laptop Windows 10, Anda juga dapat mematikannya dengan menekan dan menahan tombol power. Tahan tombol tersebut selama beberapa detik hingga layar menjadi hitam dan laptop mati.

Meskipun cara ini cepat, sebaiknya tidak digunakan terlalu sering karena bisa berpotensi mempengaruhi performa hardware dan menyebabkan data yang belum disimpan hilang. Cara ini sebaiknya hanya digunakan dalam keadaan darurat, seperti ketika laptop mengalami hang atau tidak merespons.

Itulah penjelasan terkait cara mematikan laptop Windows dengan bantuan keyboard hingga berbagai shortcut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru