Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Penyimpanan Hard Disk Eksternal

Kamis, 23 Mei 2024 | 11:45 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Kelebihan dan Kekurangan Penyimpanan Hard Disk Eksternal

ILUSTRASI. Ilustrasi?HDD


GADGET - JAKARTA. Simak kelebihan dan kekurangan menggunakan Hard disk eksternal. Opsi penyimpanan tambahan untuk perangkat seperti laptop dan komputer dapat memberikan keuntungan bagi pengguna.

Hard disk, juga dikenal sebagai hard disk drive (HDD) atau hard drive, menjadi salah satu perangkat penyimpanan data secara digital.

Pada dasarnya, Hard disk merupakan perangkat penyimpanan magnetis yang menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan disk berputar yang dilapisi dengan bahan magnetis.

Nah, Hard disk digunakan untuk menyimpan berbagai jenis data, seperti sistem operasi, aplikasi, dan file pengguna seperti dokumen, gambar, video, dan musik.

Baca Juga: Ini 4 Hal yang Diperhatikan Sebelum Upgrade HDD ke SSD Laptop

Penyimpanan Hard Disk

Hardi Disk eksternal merupakan salah satu penyimpanan di luar perangkat untuk memudahkan pengguna memisahkan file di memori internal.

Selain itu, Hard disk eksternal umumnya tersedia dengan koneksi USB, USB-C, Thunderbolt, atau FireWire. Pastikan Anda memilih hard disk eksternal dengan konektivitas yang kompatibel dengan perangkat.

Beberapa hard disk eksternal dilengkapi dengan enkripsi data, sidik jari, atau pengenalan wajah.

Baca Juga: 7 Komponen Penting Komputer beserta Fungsi Setiap Bagiannya

Kelebihan Hard Disk Eksternal

Berikut ini beberapa kelebihan hard disk eksternal yang bisa Anda pertimbangkan, dilansir dari Accushared.

1. Data Diakses secara Offline

Hard disk eksternal kini jauh lebih kecil dan portabel dibandingkan sebelumnya, serta dapat dengan mudah dihubungkan ke hampir semua komputer.

Anda tidak perlu terhubung ke internet untuk mengakses data, dan dengan menyimpan data sensitif Anda secara offline, mengurangi risiko data Anda menjadi target serangan online. Anda dapat mengakses data tanpa bergantung pada koneksi Wi-Fi atau internet di mana pun Anda berada.

2. Data Aman

Penyimpanan cloud adalah cara yang bagus untuk mencadangkan data, tetapi ada risiko bergantung pada layanan berbasis cloud untuk mencadangkan data, terutama jika data tersebut sensitif dan rahasia.

Anda dapat melindungi data dengan kata sandi, tetapi pada akhirnya, Anda tetap memberikan akses kepada pihak ketiga untuk menghosting data tersebut. Selain itu, spyware, keylogger, dan malware dapat berjalan di latar belakang saat mengakses data di komputer lain.

Saat Anda menggunakan hard disk eksternal, data hanya memiliki kepemilikan fisik atas semua informasi sensitif tersebut. Data aman, dan lebih aman lagi untuk melindungi hard disk portabel dengan kata sandi.

3. Kepemilikan Pribadi

Keuntungan lain yang dimiliki hard disk portabel dibandingkan penyimpanan data berbasis cloud adalah tidak memberikan kepemilikan apa pun kepada pihak ketiga, seperti Google atau Apple.

Ketika membaca cetakan kecil, Anda akan menyadari bahwa perusahaan yang memiliki layanan cloud dapat menggunakan data Anda, dan itu mengkhawatirkan ketika datang ke data perusahaan sensitif yang mungkin disimpan di sana.

4. Ketersediaan dan Kompatibilitas

Hard disk tersedia secara luas dan kompatibel dengan hampir semua komputer dan sistem operasi. Ini membuatnya mudah untuk diintegrasikan ke dalam berbagai sistem tanpa masalah kompatibilitas.

5. Lebih Awet Jangka Panjang

Hard disk telah digunakan selama beberapa dekade dan teknologi ini telah terbukti handal untuk penyimpanan data jangka panjang. Mereka dapat diandalkan untuk backup data dan penyimpanan arsip.

File dapat menyesuaikan dengan perkembangan sistem operasi pada perangkat Windows maupun Mac OS.

Penjualan Laptop

Kekurangan Hard Disk Eksternal

Sementara itu, ada beberapa pertimbangan lain bila Anda hanya menyimpan pada Hard Disk saja.

1. Kecepatan yang Lambat

Hard disk eksternal memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih lambat dibandingkan dengan SSD. Ini dapat mempengaruhi performa sistem secara keseluruhan, terutama saat memuat aplikasi atau file besar.

2. Ukuran dan Bobot

Selain itu, Hard disk umumnya lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan SSD. Ini bisa menjadi masalah untuk perangkat portabel seperti laptop ultrabook atau perangkat lain yang membutuhkan ukuran dan berat yang minimal.

3. Risiko Hilang Perangkat Hard Disk

Hard disk eksternal saat ini sangat kecil, yang bagus untuk portabilitas, tetapi membuatnya lebih sulit untuk dijaga keamanannya. Perangkat kecil yang dapat dilepas mudah dicuri dan disembunyikan, dan setelah keluar dari kepemilikan, perangkat tersebut dapat digunakan oleh siapa pun yang mengambilnya.

Perlindungan kata sandi adalah tingkat perlindungan yang bagus untuk pencuri biasa, tetapi penjahat siber mungkin melakukan segala cara untuk memanfaatkan pencurian, dan akan tahu cara mengakses file.

4. Risiko Data Corrupt

Tentu, terdapat hal lain yang bisa terjadi seperti pemberitahuan "The File or Directory is Corrupted and Unreadable". Hal ini tentu bisa terjadi saat pelepasan hard disk drive dilakukan secara tidak aman dan berganti perangkat.

Anda perlu mempertimbangkan salah satu kekurangan hard disk eksternal sebagai penyimpanan.

5. Setiap Perangkat Tidak Sempurna

Pernah dikatakan bahwa ada dua jenis hard disk di dunia: yang sudah rusak dan yang akan rusak. Hard disk eksternal dapat mengalami kerusakan, seperti halnya perangkat keras lainnya.

Hard disk rentan terhadap kerusakan akibat api dan air, dapat terlalu panas, dan dapat mengalami kerusakan.

Demikian pertimbangan dari kelebihan dan kekurangan hard disk eksternal sebagai penyimpanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru