Ini 6 Cara Mengisi Daya Baterai iPhone dengan Benar Agar Battery Health Awet

Selasa, 18 Juni 2024 | 12:12 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Cara Mengisi Daya Baterai iPhone dengan Benar Agar Battery Health Awet

ILUSTRASI. Charging iPhone yang benar


IPHONE - JAKARTA. Simak cara mengisi daya baterai iPhone dengan baik dan benar. Meskipun sering dianggap sepele, pemilihan charger yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Anda.

Pengisian daya baterai iPhone dapat mempengaruhi kesehatan baterai dan keawetan dalam jangka waktu yang lama.

Baterai iPhone memiliki sistem pengukuran kesehatan yang muncul pada bagian Battery Health. Biasanya, ini akan mempengaruhi awet tidaknya pemakaian on-screen dari perangkat tersebut.

Agar Battery Health Awet, penting untuk memilih charger yang sesuai dengan standar iPhone. Jika Anda menggunakan adapter pengisian daya yang bukan dari Apple, pastikan untuk mencari logo "Made for iPhone" pada charger tersebut.

Logo ini menunjukkan bahwa Apple telah menyetujui penggunaan charger tersebut dengan produk-produknya. Jika Anda menghubungkan kabel yang tidak bersertifikasi, iPhone akan menampilkan pesan peringatan bahwa aksesoris tersebut mungkin tidak didukung.

Charger yang tidak bersertifikasi cenderung mengisi daya secara berlebihan, sementara charger yang bersertifikasi tidak akan melakukannya.

Baca Juga: 7 Tips Mengatasi HP Cepat Panas Sesuai dengan Sumber Masalah

Mengapa Menggunakan Charger Bersertifikasi?

Adaptor charger baterai iPhone iPhone

Charger bersertifikasi memiliki keunggulan dalam menjaga kesehatan baterai. Mereka dapat mengisi daya dengan cepat hingga 80%, kemudian memperlambat pengisian untuk menjaga kesehatan baterai.

Sebaliknya, charger yang tidak bersertifikasi akan terus mengisi dengan daya tinggi, yang dapat mempercepat kerusakan baterai.

Hal yang sama berlaku untuk kabel pengisian, MagSafe, atau charger nirkabel lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan adapter dan kabel pengisian Apple atau yang memiliki logo "Made for iPhone".

Cara Mengisi Daya Baterai iPhone dengan benar

Setelah memastikan bahwa Anda menggunakan adapter daya dan kabel yang tepat, Anda bisa mulai mengisi daya iPhone. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama proses pengisian daya yang dilansir dari laman Make us Of.

1. Pakai Charger Fast Charging

iPhone Anda akan menghasilkan panas saat menggunakan charger cepat, seperti adapter 20W. Meskipun ini adalah cara terbaik untuk mengisi daya dengan cepat, namun tidak sempurna.

Apabila menggunakan casing pengisi daya, lepaskan casing tersebut sebelum mengisi daya untuk memungkinkan panas keluar dari iPhone.

2. Pilihan Pengisian dengan Daya Rendah

Apabila memiliki waktu dan adapter daya rendah seperti 5W atau 12W, gunakan itu daripada charger cepat. Pengisian dengan daya rendah menghasilkan lebih sedikit panas dan tidak merusak kesehatan baterai secepat pengisian cepat.

3. Menjaga iPhone Tetap Dingin Selama Pengisian

Setelah melepas casing, letakkan iPhone di permukaan yang sedikit terangkat untuk membantu mendisipasi panas lebih efektif selama pengisian. Sebagai tips, Anda bisa meletakkan casing secara diagonal di bawah iPhone untuk sedikit mengangkatnya dari permukaan.

Selain cara Anda mengisi daya iPhone, penting juga untuk memastikan bahwa tidak merusak kesehatan baterai dengan cara lain.

Baterai HP

4. Hindari Mengisi Daya Semalaman

Bagi Anda mungkin lebih menyukai bangun dengan baterai penuh di pagi hari sehingga tidak perlu khawatir mengisi daya sepanjang hari. Namun, mengisi daya semalaman tidak baik, bahkan jika telah mengaktifkan Pengisian Baterai Optimal pada iPhone.

5. Hindari Mengisi Daya Hingga 100% Setiap Saat

Sebagai kebiasaan yang baik, hindari mengisi daya iPhone hingga 100% setiap kali dan jangan biarkan baterai turun di bawah 25%. Idealnya, pertahankan persentase baterai antara 30% dan 80% untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

6. Hindari Suhu Ekstrem

Suhu tinggi dapat mempengaruhi kesehatan baterai iPhone. Jika Anda berada di daerah dengan suhu tinggi, sebaiknya hindari melakukan tugas berat pada iPhone, seperti bermain game atau menggunakan kamera dalam waktu lama, terutama saat mengisi daya.

Jika tidak, suhu iPhone akan naik ke tingkat ekstrem, membuat iPhone meredupkan layar dan membatasi tugas latar belakang. Apple merekomendasikan untuk menjaga iPhone antara 32°F dan 95°F (0°C hingga 35°C).

Baca Juga: 6 Penyebab HP Lemot dan Panduan Cara Mengatasinya

Tips Mengisi Daya iPhone Anda dengan Charger Nirkabel

Apple menambahkan dukungan pengisian daya nirkabel Qi mulai dari iPhone 8. Selanjutnya, Apple memperkenalkan pengisian daya MagSafe dengan seri iPhone 12, yang memperluas kemampuan pengisian daya nirkabel standar dan menjadikannya cara terbaik untuk mengisi daya iPhone secara nirkabel.

Keuntungan dan Kekurangan Pengisian Nirkabel

Apapun teknologi pengisian nirkabel yang Anda gunakan, intinya adalah cara pengisian daya yang sama dengan kecepatan yang bervariasi. Selain itu, charger nirkabel membuat pengisian daya iPhone menjadi lebih praktis. Namun, pengisian nirkabel cenderung lambat dan menghasilkan banyak panas, yang tidak ideal untuk iPhone Anda.

Jika sering menggunakan pengisian nirkabel, ada beberapa hal yang perlu diingat. Sebelum mengisi daya secara nirkabel, pastikan untuk melepas casing karena hal ini akan memastikan iPhone Anda tetap terhubung dengan koil pengisian nirkabel dan mengisi daya dengan efisien.

Anda perlu menempatkan iPhone di pusat charger nirkabel agar bisa memanfaatkan pengisian daya sepenuhnya.

Itulah penjelasan terkait cara mengisi daya baterai iPhone dengan baik agar awet dalam jangka waktu lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru