Ini 6 generasi yang ada di masyarakat, ada generasi X, Milenial, Z, apa artinya?

Selasa, 13 Oktober 2020 | 16:24 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 6 generasi yang ada di masyarakat, ada generasi X, Milenial, Z, apa artinya?

ILUSTRASI. Ini 6 generasi yang ada di masyarakat, sudah tahu apa saja? Foto: Ilustrasi generasi alpha. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ

KONTAN.CO.ID -  Anda pasti sering mendengar istilah generasi X, Y, dan Z. Istilah ini ditujukan untuk menamai generasi yang lahir di tahun-tahun tertentu.  

Melansir ToughtCo (12/02/2020), penamaan generasi ini dimulai pada abad ke 20. Istilah pada generasi pertama kali dipakai oleh penulis asal Amerika, Gertrude Stein. 

Stein menciptakan istilah Lost Generation atau generasi yang hilang pada karyanya. Istilah generasi ini merujuk pada orang-orang yang lahir pada abad ke 20. Mereka juga merupakan masyarakat yang berpartisipasi pada Perang Dunia I. 

Selain lost generation, ada 6 generasi yang ada di masyarakat saat ini. Berikut daftar generasi tersebut yang dihimpun KONTAN.co.id dari ThoughCo dan Parents.

jenis generasi manusia

  • Silent generation

Masyarakat yang masuk dalam generasi ini lahir antara tahun 1925-1945. Mereka terlahir saat the great depression dimana terjadi banyak krisis global. 

Silent generation merasakan banyak kejadian yang mengubah dunia. Salah satunya adalah terlibat dengan Perang Dunia II.

  • Generasi baby boomers

Di beri nama baby boomers karena terjadi ledakan kelahiran besar-besaran di Amerika Serikat. Generasi ini lahir antara tahun 1943-1964. Mereka memiliki sifat yang kompetitif dan pekerja keras. 

Baca Juga: Guru dan siswa, ini komponen yang diujikan di Asesmen Kompetensi Minimum 2021

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru