Ini 6 Penyebab HP Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya

Jumat, 05 Januari 2024 | 11:52 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 6 Penyebab HP Mati Mendadak dan Cara Mengatasinya


SMARTPHONE / PONSEL PINTAR - JAKARTA. Pahami penyebab HP mati mendadak dan cara mengatasinya. Perangkat memiliki kemampuan dan kapasitasnya sehingga dapat mengalami penurunan performa.

Hal ini termasuk kejadian saat HP mati mendadak tanpa sebab yang diketahui. Ini bisa sangat membingungkan ketika mendapati HP mati sendiri tanpa alasan tertentu.

Anda yakin baterai sudah terisi dan belum ada orang lain yang mematikannya, lalu bagaimana cara mematikannya? Nah, saat HP Anda terus mati secara acak, itu mungkin masalah perangkat keras atau masalah perangkat lunak.

Namun, dalam banyak kasus, Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mudah. Dalam posting ini, saya akan menunjukkan kepada Anda metode sederhana untuk memperbaiki ponsel Anda yang mati secara otomatis.

Baca Juga: Kenali Apa itu Reboot HP: Fungsi, Risiko, Cara, dan Perbedaan dengan Reset

Ada beberapa penyebab umum mengapa HP bisa mati sendiri atau mengalami pemadaman secara tiba-tiba.

Penyebab HP Mati Mendadak

Ilustrasi HP

Beberapa kemungkinan penyebabnya melibatkan perangkat keras, sedangkan yang lainnya terkait dengan masalah perangkat lunak. Berikut adalah beberapa penyebab umum dilansir dari laman Gtricks.

1. Masalah Baterai

Baterai yang sudah tua atau rusak dapat menyebabkan HP mati secara tiba-tiba. Koneksi yang buruk antara baterai dan perangkat dapat memicu pemadaman.

2. Masalah Perangkat Lunak

Crash Aplikasi atau Sistem Operasi yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan HP mati tiba-tiba. Infeksi malware atau virus bisa merusak sistem operasi dan menyebabkan pemadaman.

3. Overheating

Selain itu, jika HP Android Anda terlalu panas, hal ini juga bisa menjadi penyebab mati secara acak. Jika HP memanas hingga dapat merusak komponen, maka otomatis akan mati. Ini bahkan terjadi jika Anda tidak menggunakan HP dan hanya tergeletak begitu saja.

Ada banyak perbaikan untuk masalah pemanasan Android dan Anda dapat mengikuti panduan ekstensif saya untuk memperbaiki HP Android yang memanas untuk memperbaiki masalah ini.

4. Masalah Perangkat Keras

Masalah pada Tombol Power yang rusak atau macet bisa membuat HP mati sendiri. Beberapa komponen internal, seperti motherboard atau power IC, yang rusak dapat menyebabkan pemadaman.

5. Masalah Pengisian Daya

Penggunaan Charger Tidak Sesuai yang tidak sesuai atau rusak dapat menyebabkan masalah pada baterai atau sistem pengisian daya. Anda perlu waspada hal ini bisa menyebar pada kelistrikan dan hardware lain.

Salah satu contoh nyata adalah ketidakmampuan HP menerima arus yang lebih besar dan bisa menyebar ke bagian layar HP.

6. Update Perangkat Lunak

Pemadaman secara mendadak karena sistem bisa terjadi setelah melakukan pembaruan perangkat lunak yang tidak stabil atau terdapat bug.

Baca Juga: Ini 3 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Find My Device dan WhatsApp

Cara mengatasi HP Mati Mendadak

Setelah mengenal penyebabnya, Anda perlu menyimak panduan mudah untuk mengatasi HP mendadak yang dapat Anda coba.

  • Cek Baterai: Pastikan baterai dalam keadaan baik dan tidak bocor. Baterai yang rusak dapat menyebabkan masalah tersebut. Cek apakah baterai terpasang dengan benar. Mungkin perlu dibersihkan atau diperiksa koneksinya.
  • Periksa Kapasitas Baterai: Gunakan baterai yang masih memiliki kapasitas yang memadai. Baterai yang sudah tua atau melemah mungkin perlu diganti.
  • Perbarui Perangkat Lunak: Pastikan sistem operasi dan aplikasi di HP Anda sudah diperbarui. Pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki bug dan masalah yang mungkin menyebabkan pemadaman.
  • Hindari Overheating: Terlalu panas dapat menyebabkan HP mati secara otomatis. Hindari penggunaan yang berlebihan atau tempatkan HP di tempat yang terlalu panas.
  • Pengaturan Daya: Periksa pengaturan daya pada HP. Beberapa pengaturan daya mungkin menyebabkan HP mati lebih cepat untuk menghemat energi. Sesuaikan pengaturan ini jika diperlukan.
  • Periksa Memori Penuh: Penuhnya kapasitas memori dapat menyebabkan HP menjadi lambat atau mati. Pastikan ada cukup ruang kosong di penyimpanan internal atau kartu SD.
  • Periksa Aplikasi Pihak Ketiga: Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak kompatibel dengan perangkat atau versi sistem operasi tertentu. Coba nonaktifkan atau hapus aplikasi yang baru-baru ini diinstal sebelum munculnya masalah.
  • Lakukan Reset Pabrik (Factory Reset): Jika masalah terus berlanjut, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik setelah mencadangkan data Anda. Reset pabrik dapat mengembalikan perangkat ke pengaturan awal dan memperbaiki masalah perangkat lunak.
  • Ganti Baterai: Solusi terakhir ada mengganti baterai Anda dengan komponen baru agar HP mendapatkan daya yang optimal.

Jika Anda yakin ini bukan masalah perangkat keras dan mencopot pemasangan aplikasi serta memindai virus tidak membantu, menyetel ulang HP Anda akan mengatasi masalah ini.

Demikian informasi terkait masalah dari penyebab HP mati mendadak dan cara mengatasinya dengan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru