Ini 7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:50 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ini 7 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan


KONTAN.CO.ID - Bawang merah adalah salah satu jenis umbi yang kerap dijadikan bahan masakan. Namun, tahukah Anda mengkonsumsi bawang merah memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan?

Nutrisi yang dikandung bawang merah di antaranya vitamin C, vitamin K, protein, zat beso, kalsium, magnesium, kalium, serat, zinc dan masih banyak lagi. Oleh karena tidak heran mengkonsum bawang merah baik untuk kesehatan tubuh. 

Bawang merah bisa disajikan sebagai bahan bumbu masakan. Namun, ternyata bawang merah juga dapat dikonsumsi secara langsung atau mental loh. 

Baca Juga: 5 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Yuk Coba!

Melansir dari Daily Record, ada beberapa manfaat mengkonsumsi bawang merah mentah bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Melancarkan Pencernaan

Manfaat mengkonsumsi bawang merah selanjutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Bawang merah adalah sayuran berserat, yang dapat membantu saluran pencernaan Anda lancar. 

Satu bawang merah mengandung sekitar 1,5 gram serat sehinggar terhindar dari sembelit.

Mengontrol Diabetes

Jika Anda penderita diabetes, Anda harus makan bawang merah mentah karena mempunyai manfaat dapat membantu meningkatkan kadar insulin. Di Eropa dan Asia, bawang merah dan bawang putih mentah sering dianjurkan di antara penderita diabetes.

Baca Juga: PSIS Semarang vs PSS Sleman, Simak Jadwal Lengkap Piala Presiden Rabu 24 Juni 2022

Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Ini mungkin terdengar cukup menjijikkan, tetapi berkumur dengan jus bawang akan membantu meredakan rasa sakit yang muncul akibat sakit tenggorokan. Manfaat bawang merah tersebut dikarenakan adanya antioksidan dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah.

Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi bawang merah mentah juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi loh. Pasalnya, terdapat senyawa dalam bawang merah yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Menghentikan Pertumbuhan Sel Kanker

Bawang merah penuh dengan senyawa belerang yang melindungi tubuh dari bisul dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, bawang merah juga mempunyai manfaat terhadap gejala kanker lainnya.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Nila Untuk Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui, Apa Saja?

Meredakan Nyeri Sendi

Bawang merah mentah saat di konsumsi juga mempunyai manfaat bisa meredekan nyeri sendi. Hal tersebut dikarenakan bawang merah mengandung antiinflamasi yang mampu menghilangkan peradangan sendi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang merah tidak hanya menurunkan kolesterol, tetapi juga dapat menangkis penyakit jantung dan mencegah pembentukan gumpalan. Selain itu, bawang merah juga dapat membantu menjaga aliran darah dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru