Ini 8 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Kalibrasi hingga Reset Pabrik

Rabu, 12 Juni 2024 | 16:42 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 8 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Kalibrasi hingga Reset Pabrik

ILUSTRASI. Ilustrasi layar hp error


GADGET - JAKARTA. Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dengan praktis. Pemilik HP Android maupun iPhone dengan umur pemakaia yang cukup lama saja menemui masalah layar sentuh.

Layar sentuh menjadi teknologi yang diterapkan ke perangkat HP sebagai media berinteraksi pengguna dengan perangkat memberikan perintah pada sistem.

Sebagian besar HP modern menggunakan teknologi layar sentuh kapasitif, di mana layar merespons sentuhan dengan menggunakan konduktivitas tubuh manusia. Tentunya, setiap perangkat memiliki umur yang menyebabkan berkurangnya performa dari penggunaan sehari-hari.

Ketika layar tidak merespons sentuhan sama sekali atau hanya merespons secara sporadis, itu bisa menjadi tanda kerusakan pada touchscreen. Sentuhan mungkin terabaikan atau mungkin diperlukan tekanan yang lebih kuat untuk mendapatkan respons.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, hingga Terbalik di WhatsApp

Salah satu kendala layar hp berubah jadi putih

Kondisi layar hp yang merespons tanpa adanya sentuhan fisik, atau muncul sentuhan yang tidak diinginkan tanpa adanya interaksi pengguna, itu disebut sebagai ghost touch. Ini dapat mengganggu penggunaan normal perangkat.

Selain itu, kondisi lain yang terjadi bisa saja tidak merespons sentuhan sama sekali atau memiliki respons yang buruk, itu bisa menjadi tanda zona mati atau kerusakan fisik pada layar.

Masalah layar hp lain adalah menampilkan warna yang tidak normal atau muncul garis-garis aneh, itu bisa menunjukkan kerusakan pada panel layar yang mempengaruhi responsivitas touchscreen HP

Saat Anda sudah mencoba langkah-langkah di bawah ini layar hP belum teratasi, disarankan untuk menghubungi dukungan resmi dari produsen HP untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Baca Juga: Ini 4 Cara Menonaktifkan Notifikasi HP Android dan iPhone yang Mengganggu

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh

Apabila Anda mengalami masalah dengan touchscreen pada HP Android ikuti langkah berikut ini. Simak panduan bagi pengguna coba untuk mengatasinya dengan sementara dilansir dari Air Droid.

Langkah berikut ini dapat dicoba olah pemilik HP Android maupun iPhone yang praktis untuk dilakukan.

1. Bersihkan bagian Layar

Salah satu cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sementara adalah menghilangkan debu, kotoran, atau sidik jari yang dapat mengganggu responsivitas touchscreen. Anda bisa menggunakan kain mikrofiber yang lembut untuk membersihkan layar dengan lembut.

2. Restart Ulang HP

Anda bisa mencoba cara lain seperti restart ulang HP untuk mengatasi masalah sementara dapat diatasi dengan me-restart perangkat. Beberapa perangkat mengalami kenaikan suhu yang mempengaruhi kinerja layar sentuh.

3. Periksa Pelindung Layar

Ketika Anda menggunakan pelindung layar atau tempered glass, pastikan itu tidak rusak atau terangkat. Jika ada masalah dengan pelindung layar, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.

4. Hapus Aplikasi

Adanya aplikasi pihak ketiga atau perangkat lunak mungkin dapat menyebabkan masalah touchscreen. Mulailah dengan menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang baru-baru ini diinstal sebelum masalah muncul. Jika masalah teratasi, dapat mencoba menginstal ulang aplikasi tersebut.

5. Periksa Pembaruan Sistem

Pastikan perangkat Anda menjalankan versi sistem operasi terbaru. Perbarui perangkat lunak ke versi terbaru yang tersedia, karena pembaruan dapat mencakup perbaikan bug dan peningkatan stabilitas touchscreen.

6. Pemulihan Pabrik

Saat semua langkah di atas tidak berhasil coba dengan melakukan pemulihan pabrik. Harap dicatat bahwa ini akan menghapus semua data dan pengaturan pribadi dari perangkat Anda, jadi pastikan melakukan cadangan data penting terlebih dahulu.

Caranya dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model HP Anda, tetapi umumnya dapat menemukan opsi pemulihan pabrik di pengaturan perangkat.

7. Kalibrasi Touchscreen

Beberapa HP Android memiliki opsi untuk mengkalibrasi touchscreen. Anda dapat mencarinya di pengaturan perangkat dan mengikuti instruksi yang diberikan untuk melakukan kalibrasi.

8. Buka Modus Aman

Terakhir, pengguna dapat mencoba masuk ke "Modus Aman" dengan menekan dan menahan tombol daya dan pilih opsi "Matikan" dan tahan tombol "OK" atau "Volume Bawah" saat perangkat menyala kembali.

Itulah penjelasan terkait cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh sebagai solusi sementara, pasalnya beberapa layar memerlukan pergantian hardware.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru