Ini 8 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Menarik Dikunjungi Saat Tahun Baru

Jumat, 29 Desember 2023 | 18:01 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Ini 8 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Menarik Dikunjungi Saat Tahun Baru

ILUSTRASI. Pengunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D I Yogyakarta, Sabtu (8/10/2022). Candi Prambanan yang dibangun sekitar pertengahan abad ke-9 Masehi dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia itu merupakan salah satu destinasi wisata arsitektur dan sejarah yang favorit dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/rwa.


WISATA - Banyak tempat wisata di Yogyakarta yang bisa dijadikan alternatif liburan tahun baru. Tak sedikit juga banyak wisatawan sengaja menghabiskan libur tahun baru di Yogyakarta.

Yogyakarta, kota budaya di Jawa Tengah, Indonesia, menawarkan pesona alam, sejarah, dan kearifan lokal yang memikat setiap pengunjung. 

Dengan warisan budaya yang kaya, Yogyakarta menjadi tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2023-2024 Pekan 20, Luton vs Chelsea Jadi Pembuka

Berikut adalah beberapa rekomendasi dari penulis tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi:

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur, sebuah mahakarya arsitektur Buddha abad ke-9, adalah salah satu tempat wisata terkenal di Yogyakarta. Dengan relief yang indah dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan, Candi Borobudur menjadi destinasi spiritual dan sejarah yang tak boleh dilewatkan.

Baca Juga: Arsenal vs West Ham: The Gunners Tumbang 0-2 di Kandang

2. Candi Prambanan

Sebagai candi Hindu terbesar di Indonesia, Candi Prambanan adalah peninggalan bersejarah yang memukau. Dengan arsitektur yang megah dan cerita epik Ramayana yang terukir di dinding candi, Prambanan menarik wisatawan yang mencari pengalaman budaya yang mendalam.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, atau Istana Ngayogyakarta Hadiningrat, adalah istana tradisional yang masih dihuni oleh Sultan Yogyakarta. Pengunjung dapat menjelajahi istana ini, mengetahui sejarah kebudayaan Jawa, dan menyaksikan pertunjukan seni tradisional di dalam kompleks istana.

Baca Juga: Jadwal Liga Italia Serie A 2023-2024, Ada Laga AC Milan vs Sassuolo (31/12)

4. Taman Sari

Taman Sari adalah kompleks istana yang dulunya merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan. Kini, pengunjung dapat menikmati keindahan kolam, bangunan-bangunan tua, dan menyusuri terowongan bawah tanah yang menyimpan sejarah menarik.

5. Gunung Merapi

Bagi pencinta petualangan, pendakian Gunung Merapi adalah pengalaman yang tak terlupakan. Gunung berapi yang masih aktif ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan keberanian penduduk lokal yang tetap tinggal di lerengnya.

Baca Juga: Brighton vs Tottenham Hotspur (29/12), Catat Prediksi dan Jadwal Liga Inggris Lainnya

6. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis, yang terletak sekitar 27 kilometer dari pusat Yogyakarta, menawarkan pesona pantai pasir hitam yang luas. Selain itu, pantai ini memiliki nilai mistis dalam budaya lokal, membuatnya menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan.

7. Malioboro

Malioboro adalah pusat keramaian di Yogyakarta, di mana pengunjung dapat berbelanja oleh-oleh khas, mencoba kuliner lokal, dan merasakan nuansa kehidupan malam di kota ini. Jalan Malioboro adalah tempat yang ramai dengan pedagang kaki lima dan seniman jalanan yang menambah kesan khas.

Baca Juga: Selain Persib Bandung, Simak 10 Klub Termahal di BRI Liga 1 2023-2024

8. Museum Affandi

Museum Affandi adalah rumah dan studio dari salah satu pelukis terkenal Indonesia, Affandi. Museum ini tidak hanya menampilkan karya-karya Affandi tetapi juga memberikan wawasan tentang perkembangan seni rupa Indonesia.

Dengan kekayaan budaya dan alamnya, Yogyakarta adalah destinasi yang memikat dan memanjakan pengunjung dengan pengalaman yang tak terlupakan. Dari situs bersejarah hingga keindahan alam yang menakjubkan, Yogyakarta memiliki segala sesuatu yang dapat memenuhi hasrat wisatawan yang mencari petualangan, sejarah, dan keindahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru