Ini 9 Cara Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak dan Mandiri

Jumat, 24 Mei 2024 | 14:49 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 9 Cara Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak dan Mandiri

ILUSTRASI. Ilustrasi belajar bahasa inggris secara otodidak


EDUKASI - JAKARTA. Intip panduan belajar bahasa inggris secara otodidak untuk pemula. Penguasaan bahasa asing tentu penting untuk pengembangan diri.

Salah satu bahasa yang cukup penting digunakan adalah bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, dalam beberapa kepentingan memerlukan 

Belajar bahasa Inggris otodidak menjadi salah satu pilihan untuk memulai proses mempelajari bahasa secara mandiri tanpa bantuan guru atau instruktur formal.

Keuntungan belajar bahasa Inggris otodidak cukup beragam seperti fleksibilitas waktu. Anda dapat belajar kapan saja dan di mana saja sesuai dengan waktu dan tempat yang Anda inginkan.

Kemudian, Anda bisa menghemat biaya dan tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk kursus bahasa Inggris.

Baca Juga: Mau Sukses Interview Kerja? Ini 10 Tips Jitu Sukses Lolos Wawancara Kerja

Tantangan belajar bahasa Inggris otodidak

Aplikasi belajar bahasa Inggris - Duolingo

Ada beberapa tantangan belajar bahasa Inggris yang perlu dipahami sejak awal

  • Disiplin: Pastikan Anda membangun disiplin agar mendapatkan progres yang signifikan.
  • Motivasi: Anda juga harus mendapatkan motivasi belajar meskipun tidak ada guru yang mendorong.
  • Sumber belajar: Pilih sendiri sumber belajar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Kesalahan: Anda mungkin lebih sering membuat kesalahan saat belajar bahasa Inggris otodidak.

Setelah mengenal beberapa tantangan, Anda bisa mempertimbangkan tips dan cara belajar di bawah ini.

Baca Juga: Daftar 4 Saluran Podcast Untuk Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Cara belajar bahasa Inggris secara otodidak

Nah, ada beberapa panduan untuk belajar secara otodidak yang dapat diterapkan juga ke bahasa asing lain, dilansir dari laman Fluentu.

1. Dengarkan Musik dan Pahami Lirik Lagu

Untuk belajar bahasa Inggris dari musik favorit Anda, pilihlah lagu-lagu berbahasa Inggris dan pelajari sebagai berikut. Berlatihlah dengan lagu-lagu favorit Anda atau lagu-lagu populer.

Pilihan kedua lebih baik karena Anda sering mendengarnya di mana pun pergi. Anda juga bisa mendengarnya melalui stasiun radio berbahasa Inggris online.

Anda perlu dapat menyanyikan lagu tersebut, menghafal lirik, dan memahami musiknya.

2. Tonton Video Berbahasa Inggris sesuai minat

Sekarang Anda berada di YouTube, cobalah menonton video non-musik. Dengan cara ini, Anda bisa melatih pemahaman mendengarkan bahasa Inggris dan meningkatkan bahasa Inggris percakapan Anda (cara berbicara dengan penutur asli).

Anda dapat mencari konten seperti podcast atau wawancara, asalkan Anda mendengarkan konten dalam bahasa Inggris yang asli.

3. Tonton Film dan Acara TV Berbahasa Inggris

Dengan Menonton film dan acara TV berbahasa Inggris, dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan bicara dan pemahaman. Apabila menonton acara yang lebih baru, Anda bisa mendengar penutur asli berbicara menggunakan bahasa Inggris modern.

Jika Anda tidak mengerti apa yang dikatakan, Anda bisa menggunakan subtitle. Setelah lebih nyaman dengan apa yang dikatakan, hapus subtitle dan tonton lagi.

Berlatih mengucapkan kalimat sebanyak mungkin. Jika Anda tidak mengerti kalimatnya, Anda bisa mencari transkripnya (versi tulisan dari audio) online.

4. Pelajari Memaksimalkan Media

Adanya Lagu, video, acara TV, film, dan radio berbahasa Inggris dapat membantu berbicara lebih seperti penutur asli. Namun, terkadang bisa saja sulit dipahami.

Jika Anda ingin menghindari kebingungan, siapkan kamus dan buku catatan. Catat kata-kata yang diketahui dan tidak ketahui, dan cari kosakata yang tidak dikenal. Anda juga bisa mencatat frasa kunci dan mencoba menggunakannya dalam percakapan secepat mungkin.

5. Uji Tata Bahasa dengan Kuis

Ketika Anda belajar sendiri bahasa Inggris, Anda sering bertanya-tanya apakah mempelajari apa yang seharusnya dipelajari. Di sinilah tes berperan.

Setelah selesai belajar, Anda bisa mengikuti kuis yang terkait dengan apa yang baru saja Anda pelajari. Kuis ini akan menguji tata bahasa, konstruksi kalimat, pemahaman, dan banyak lagi.

Anda bisa melakukan evaluasi setiap minggunya atau bulan untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar (menuju pencapaian tujuan Anda).

6. Mengobrol dengan Teman Online

Anda bisa mencari teman mengobrol yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris sendiri. Berbeda dengan berbicara dengan guru, berbicara dengan teman terasa lebih santai karena suasananya lebih santai.

Anda bisa mengajak teman berbicara dalam bahasa Inggris agar lebih termotivasi untuk belajar. Anda tidak hanya bisa membuktikan kepada mereka bahwa bahasa Inggris semakin baik, tetapi Anda juga merasa lebih puas.

7. Baca E-Book, Artikel, dan Majalah Online

Media lain seperti bacaan buku sama pentingnya dengan mendengarkan saat belajar bahasa Inggris. Keduanya mengasah pikiran dan melatih Anda untuk berpikir dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin.

Ketika Anda harus menerjemahkan segala sesuatu yang Anda dengar atau baca dalam pikiran, itu memakan waktu lebih lama. Tetapi jika Anda berlatih berpikir dalam bahasa Inggris, Anda akan merasa lebih mudah memahami dan berbicara bahasa tersebut.

Semakin banyak Anda membaca, semakin banyak paparan terhadap struktur kalimat bahasa Inggris, kosakata baru, dan pola bicara formal dan kasual yang didapatkan.

8. Tulislah Sesuatu dalam Pikiran

Akhirnya, Anda harus menerapkan apa yang telah dipelajari melalui belajar mandiri. Cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan menulis sesuatu milik sendiri.

Anda bisa menulis tentang apa saja, sebenarnya. Misalnya, Anda bisa memulai dengan jurnal pribadi, di mana bisa mencatat pikiran tentang segala sesuatu yang terjadi selama sehari.

Lakukan ini setiap hari dalam bahasa Inggris, dan Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seberapa baik pemahaman Anda tentang bahasa Inggris.

9. Berbicara Bahasa Inggris di Mana Saja

Berlatih dan belajar bahasa Inggris tidak berhenti di rumah atau dengan orang-orang yang Anda kenal. Misalnya, jika berada di negara berbahasa Inggris dan ingin membeli barang tertentu, berbicaralah dengan staf dalam bahasa Inggris.

Anda bisa mulai dengan kosakata belanja dasar. Ini membantu Anda menjelaskan apa yang diinginkan, dan juga membantu Anda memahami jawaban yang akan diberikan. Hal yang sama berlaku ketika Anda menanyakan tentang layanan atau produk melalui telepon.

Sebisa mungkin, Anda berbicara bahasa Inggris di mana pun pergi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Anda dari waktu ke waktu.

Demikian penjelasan terkait belajar bahasa inggris secara otodidak untuk pemula, coba untuk konsisten belajar agar cepat mahir.

Selanjutnya: Penuhi Permintaan Pasar, MARK Tingkatkan Utilitas Pabrik

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat 24-31 Mei 2024, Sabun Pond's Diskon s/d Rp 17.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru