Ini dia 5 tempat wisata alam populer di Papua yang wajib Anda kunjungi

Jumat, 24 September 2021 | 15:31 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini dia 5 tempat wisata alam populer di Papua yang wajib Anda kunjungi

ILUSTRASI. Ini dia 5 tempat wisata alam populer di Papua yang wajib Anda kunjungi. Foto: Festival Lembah Beliem Papua.

KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Ada banyak tempat wisata alam dan budaya yang terletak di tanah Papua. Dari sekian banyak destinasi ada beberapa tempat yang menjadi favorit para wisatawan. 

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua akan segera dimulai, tepatnya pada 2 Oktober 2021. Sebagian masyarakat mungkin berencana untuk datang langsung mendukung para atlet yang berlaga di PON tahun ini. 

Sambil mendukung atlet favorit, Anda bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung di tempat-tempat wisata alam unggulan di Papua. 

Sebagai referensi liburan Anda, berikut ini lima tempat wisata populer di Papua yang dirangkum dari situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

  • Pantai Harlem

Papua terkenal akan keindahan alamnya terutama keindahan pantainya. Pantai Harlem merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang wajib Anda datangi saat berada di Papua. 

Pantai ini terletak di Kabupaten Jayapura Papua. Jernihnya air di Pantai Harlem membuat wisatawan bisa melihat keindahan bawah laut bahkan dari pinggir pantai. 

Keindahan pantai ini semakin mempesona saat sore hari dimana matahari mulai terbenam. 

Baca Juga: 8 Kampus terbaik Indonesia ini lulusannya cepat dapat kerja versi QS WUR, Undip no 1!

  • Danau Paniai

Wisata alam di Papua selanjutnya berlokasi di Pegunungan Tengah, Kabupaten Paniai, Papua. 

Di daerah ini terdapat danau yang berwarna jernih bernama Danau Paniai. Danau ini memiliki lokasi seluas 14.500 Ha. 

Karena terletak di daerah cukup tinggi yaitu pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), udara di tempat wisata ini sangat sejuk 

Sama seperti Pantai Harlem, air di Danau Paniai sangat jernih dan terawat sehingga Anda bisa melihat beragam ikan dan biota air tawar di dalam danau. 

Saat matahari mulai terbenam, pemandangan di Danau Paniai akan semakin indah berkat tebing-tebing di sekelilingnya. 

  • Danau Sentani

Ada satu lagi danau indah yang terletak di Papua dan wajib Anda kunjungi. Danau tersebut adalah Danau Sentani yang berlokasi di lereng cagar alam Cycloop di ketinggian 75 mdpl. 

Karena berlokasi di tempat yang cukup tinggi, wisatawan bisa merasa rileks karena hembusan angin segar. 

Ada beberapa cara untuk untuk menikmati keindahan tempat wisata alam Papua ini. Anda bisa melihat keindahan Danau Sentani secara langsung dengan kapal atau menikmati keindahannya dari atas Bukit Teletubies. 

Anda bisa melihat air danau yang berkilauan serta bentuk Danau Sentani yang menyerupai simbol hati atau love dari atas bukit. 

Selain keindahan alam, wisatawan juga bisa menikmati pesona budaya di destinasi wisata ini. Setiap tahunnya, tepatnya pada bulan Juni, wisatawan bisa menyaksikan Festival Danau Sentani. 

Akan ada beragam pertunjukan tarian adat di atas perahu, upacara adat, dan tidak ketinggalan kuliner khas Papua di festival ini. 

Baca Juga: Ini pengertian dan cara menghitung nilai mean, median, dan modus dalam data

  • Air Terjun Bihewa Nabire

Anda senang dengan wisata air terjun? Di Papua ada air terjun terkenal yang akan mempesona Anda. 

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Bihewa yang terletak di Kabupaten Nabire, wajib Anda kunjungi saat sedang di Papua. 

Air terjun indah ini memiliki ketinggian 40 meter dengan tujuh tingkatan. Semakin tinggi tingkatannya, pemandangan dan kualitas udara di air terjun semakin indah dan sejuk. 

Selain air terjun, hutan yang mengelilingi Air Terjun Bihewa Nabire juga semakin menambah keelokan tempat wisata ini. 

  • Lembah Baliem

Selain wisata air, Papua juga memiliki wisata alam di daratan yang sayang untuk dilewatkan. Berlokasi di Pegunungan Jayawijaya, Papua, Lembah Baliem menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi turis. 

Lembah ini terletak di ketinggian 1.600 mdpl dan merupakan tempat tinggal suku asli Papua yaitu Suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali. 

Setiap tahunnya akan digelar sebuah festival bernama Festival Lembah Baliem. Festival ini berlangsung pada bulan Agustus selama tiga hari. 

Anda bisa melihat simulasi perang antara suku asli yang mendiami Lembah Baliem yaitu Suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali. Lebih menariknya, simulasi perang ini dikemas dalam pertunjukan tarian yang indah. 

Tidak heran jika festival ini mampu menarik banyak wisatawan. Tidak hanya dari dalam negeri, turis dari luar negeri pun rela datang jauh-jauh untuk berkunjung ke tempat wisata populer di Papua ini dan menikmati Festival Lembah Baliem.

Selanjutnya: Astra Honda Motor buka lowongan kerja terbaru, mahasiswa tingkat akhir bisa daftar

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru