Ini dia skuter listrik imut nan lucu bernama Yamaha e-Vino, berapa harganya?

Jumat, 06 November 2020 | 13:32 WIB Sumber: RideApart
Ini dia skuter listrik imut nan lucu bernama Yamaha e-Vino, berapa harganya?

ILUSTRASI. Ini dia skuter imut nan lucu dari Jepang bernama Yamaha e-Vino, berapa harganya?


SKUTER LISTRIK - TOKYO. Yamaha Motor Jepang merilis varian terbaru dari Yamaha e-Vino 2020. Motor skuter listrik ini pertama kali muncul pada 2018, tetapi dalam versi percobaan dengan suku cadang yang berbasis dari pabrikan Yamaha Iwata.

Kini, Yamah e-Vino telah memulai debutnya di Jepang.  

Mengutip dari Rideapart.com, Yamaha e-Vino terbaru memiliki berat hanya 68 kilogram, dengan tambahan baterai lithium-ion 50V. Berat baterai ini hanya menambah 6 kg. 

Dari bodi Yamaha e-Vino, terlihat kesan lucu dan ringan, yang diprediksi oleh Yamaha akan berpotensi menarik perhatia para penggemar skuter listrik. Tentu, Yamaha turut mengklaim, pesaing Yamaha e-Vino belum pernah ada.

Yamaha mewujudkan kendaraan ini dengan tujuan untuk berkendara di dalam perkotaan. Sebab, jangkauan dengan baterai muatan penuh hanya 29 kilometer. Jarak tempuhnya bisa mencapai 58 kilometer dengan baterai cadangan opsional. 

Yamaha e-Vino memiliki waktu pengisian daya sekitar tiga jam menggunakan stop kontak standar Jepang.

Durasi itu tampak diperhitungkan oleh Yamaha untuk seorang pengemudi melakukan sebuah perjalanan menggunakan Yamaha e-Vino untuk bepergian ke kantor, sekolah, dan kembali rumah.

Baca Juga: Siap gebrak segmen crossover hingga mobil listrik, MINI hidupkan kembali konsep ini 

Yamaha e-Vino

Di sisi fitur, Yamaha e-Vino memiliki layar LCD yang cukup jelas dan ditata dengan indah.

Yamaha turut memperhitungkan pemborosan daya listrik karena penggunaan lampu depan. Sehingga, penggunaan fitur tambahan bisa menghemat baterai secara efisien. 

Meskipun fitur layar LCD bukan nilai jual untuk Yamaha e-Vino, tidak dapat disangkal bahwa ini merupakan sebuah fitur yang belum pernah ada di dalam sebuah skuter listrik. 

Baca Juga: Triumph Trident 660 2021 resmi meluncur di India, segini prediksi harganya

Yamaha e-Vino

Pengemudi juga bisa menggunakan Yamaha e-Vino dengan beberapa mode berkendara, seperti mode Standar dan Daya. Lalu, ada fungsi Boost yang meningkatkan daya selama 30 detik untuk membantu pengemudi mengatasi jalan di perbukitan.

Namun, Yamaha belum memberikan penjelasan, seperti apa efek penggunaan mode Boost pada masa pakai baterai Yamaha e-Vino.

Harga Yamaha e-Vino mulai dari 259.600 yen atau sekitar Rp 36 juta.

Uniknya, Pemerintah Jepang saat ini juga turut memberikan subsidi kendaraan listrik untuk pembelian Yamaha e-Vino. Ini akan menghemat sekitar US$ 250 jika pembeli memenuhi persyaratan tertentu.

Untuk memenuhi syarat, kendaraan hanya untuk penggunaan pribadi, harus menjadi skuter listrik pertama yang dibeli seseorang, dan mesti disimpan dalam kepemilikan orang tersebut setidaknya selama tiga tahun.  

Di Indonesia, Yamaha Fino merupakan sebuah motor bersegmen skuter yang memiliki bentuk yang sama dengan Yamaha e-Vino. Yamaha Fino dibanderol mulai Rp 19 juta untuk OTR Jakarta.

Selanjutnya: Yamaha MT-07 2021 siap mengaspal, begini rincian ubahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru