Film

Ini film yang menunda jadwal tayang dan syuting karena virus corona

Selasa, 17 Maret 2020 | 11:05 WIB Sumber: Kompas.com
Ini film yang menunda jadwal tayang dan syuting karena virus corona

ILUSTRASI. Potongan adegan film Peter Rabbit 2

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Virus corona yang semakin menyebar berdampak pada industri perfilman. Beberapa rumah produksi menunda jadwal tayang perdana dan syuting film.  

Tidak hanya film Hollywood yang menunda jadwal tayang perdana film di bioskop. Beberapa film Indonesia juga menunda jadwal tayangnya. 

Apa saja film Indonesia dan Hollywood yang ditunda karena virus corona? Simak daftarnya di bawah ini. 

Baca Juga: Pemain film Game of Thrones, Kristofer Hivju positif terinfeksi corona

Djoerig Salawe 

Rumah produksi MBK Pictures menunda jadwal gala premiere film Djoerig Salawe. Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (16/3/2020), MBK Pictures mengatakan penundaan tersebut untuk mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak menggelar acara yang melibatkan massa di tengah wabah virus corona.

"Kami – MBK Pictures – memutuskan untuk menunda acara Gala Premiere film Djoerig Salawe," tulis keterangan resmi tersebut.

MBK Pictures menyatakan keputusan itu sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk ikut mencegah penyebaran virus di ruang publik.

Gala premiere film Djoerig Salawe seharusnya diselenggarakan pada Rabu, (18/3/2020) di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. 

Tersanjung The Movie 

Rumah produksi MVP Pictures mengumumkan bahwa penayangan film Tersanjung The Movie akan ditunda. 

"Sejalan dengan imbauan pemerintah untuk menghindari keramaian (social distancing) dalam beberapa waktu kedepan, dengan berat hati, kami memutuskan untuk Menunda pemutaran film  Tersanjung the Movie," tulis akun resmi @mvppictures_id seperti dikutip Kompas.com, Senin (16/3/2020). 
Sampai saat ini, belum ada pemberitahuan tentang sampai kapan penundaan film tersebut.

Yowis Ben 3 

Lewat akun Twitter-nya, sutradara Fajar Nugros mengumumkan soal penghentian aktivitas syuting untuk film terbarunya Yowis Ben 3. 

“Hari ini saya bersama Produser memutuskan syuting Yowis Ben 3 dihentikan..,” tulis Fajar Nugros. 

Twit Fajar Nugros kemudian mendapat tanggapan positif dari para warganet. Menurut beberapa netizen, langkah yang diambil Fajar Nugros sangat tepat mengingat terjadinya wabah corona.

Baca Juga: Pemain film James Bond, Olga Kurylenko positif terinfeksi virus corona

Dukungan juga mengalir dari seniman-seniman Tanah Air, yakni sutradara Upi dan penyanyi Sherina Munaf. 

The Falcon and the Winter Soldier 

Syuting miniseri The Falcon and the Winter Soldier di Praha, Republik Ceko, terpaksa terhenti karena terdampak virus corona. Rencananya pengambilan gambar untuk The Falcon and the Winter Soldier bakal berlangsung selama seminggu di Praha. 

Hingga saat ini belum ada keputusan apakah syuting akan tetap dilakukan di Praha atau melewatkan adegan di kota tersebut. 

The Falcon and the Winter Soldier adalah miniseri yang diadaptasi dari karakter superhero Marvel, Comics Sam Wilson (Falcon) dan Bucky Barnes (Winter Soldier). 

Mini seri ini dibintangi oleh Anthony Mackie dan Sebastian Stan yang sebelumnya juga berperan sebagai Falcon dan Winter Soldier dalam seri film Avengers. 

Rencananya miniseri The Falcon and the Winter Soldier bakal tayang mulai Agustus 2020 di Disney+. B

Peter Rabbit 2: The Runaway 

Penyebaran virus corona di sejumlah negara di Eropa, memaksa Sony Pictures menunda perilisan film Peter Rabbit 2: The Runaway di Benua Biru tersebut. 

Pasalnya, sejumlah negara di Eropa juga menutup bioskop untuk mencegah dampak penyebaran virus corona,  sebagaimana dilakukan di Italia.

Film yang disutradarai oleh Peter Gluck ini awalnya bakal rilis di Inggris dan sejumlah negara lainnya di Eropa pada 27 Maret 2020. Dengan penyebaran virus corona yang semakin masif di Eropa, Sony menunda perilisan Peter Rabbit 2 menjadi 7 Agustus 2020. 

Selain di Eropa, perilisan Peter Rabbit 2 di Amerika juga disebut bakal ditunda. Awalnya bakal tayang 3 April, menjadi Agustus 2020. 

Peter Rabbit 2: The Runaway adalah sekuel dari film sebelumnya, Peter Rabbit. 

James Bond: No Time to Die 

Film yang dibintangi Daniel Craig ini seharusnya tayang perdana di bulan April 2020. 

Namun setelah situs penggemar mendesak pemutaran film ditunda, No Time to Die memundurkan jadwal penayangannya dari April ke November 2020.

Hal ini membuat film ke-25 James Bond itu menjadi layar lebar Hollywood pertama yang menggeser peluncuran globalnya karena wabah virus corona. 

Film No Time to Die nantinya tayang perdana di Inggris pada 12 November dan di Amerika Utara pada 25 November 2020. Film yang disutradarai Cary Joji Fukunaga itu sedianya diluncurkan di seluruh dunia pada awal April setelah ditayangkan perdana di London pada 31 Maret 2020. 

F9

Sekuel Fast & Furious ke-9 Wabah virus corona memaksa Universal mengundur jadwal rilis F9, fllm ke-9 Fast & Furious, dari Mei 2020 menjadi 2 April 2021.

Tanggal tersebut sebenarnya direncanakan sebagai slot untuk Fast & Furious 10, film terakhir franchise tersebut. Penundaan itu mematahkan keyakinan bintang utama sekaligus produser F9, Vin Diesel. 

Baca Juga: Ini film yang tayang di bioskop CGV dan XXI sepanjang pekan ini, 16-22 Maret 2020

Dalam wawancara dengan USA Today baru-baru ini Vin Diesel mengatakan tidak akan menunda penayangan F9. Dalam F9, Vin Diesel kembali memerankan karakter Dom Toretto. Begitu juga dengan Michelle Rodriguez yang tetap sebagai Letty Ortiz.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Film-film yang Menunda Produksi dan Penayangannya karena Virus Corona ", https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/17/101933766/film-film-yang-menunda-produksi-dan-penayangannya-karena-virus-corona?page=all#page2.
Penulis : Andika Aditia
Editor : Kistyarini


Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru