Musik

Ini idola Kpop yang berhasil menyukseskan agensinya

Selasa, 14 April 2020 | 14:24 WIB Sumber: Kompas.com
Ini idola Kpop yang berhasil menyukseskan agensinya

ILUSTRASI. Boyband BINGBANG

KONTAN.CO.ID - Kesuksesan para Idola Kpop membawa ketenaran untuk pihak agensi yang menaunginya. Berikut Idola Kpop yang berhasil mempopulerkan agensinya.  

Idola Kpop tidak semuanya memulai karier dengan kemewahan dan fasilitas yang diterima melalui agensi. Bahkan, beberapa idola memulai debut dari agensi kecil.  

Berkat kesuksesan yang telah diraih, para idola kpop ini berhasil membuat agensi menjadi besar. 

Baca Juga: Drama korea lawas yang bisa jadi teman selama WFH, berikut judul dan sinopsisnya

Dilansir Allkpop, Selasa (14/4/2020), berikut sembilan idola kop yang berhasil membawa nama agensi menjadi sukses dan terkenal:  

BTS 

Mungkin sulit untuk dipercaya, idola kop besar seperti BTS ternyata berasal dari agensi sederhana, Big Hit Entertainment.  Saat awal debut, agensi hanya memberikan beberapa karyawan hingga pernah kekurangan dana untuk menyediakan foto konsep album mereka. Kini, berkat kesuksesan BTS yang mendunia, secara tidak langsung membuat nama agensi terkenal secara global.

IU 

Sebelum memulai debutnya menjadi seorang penyanyi solo terkenal, IU mengalami kesulitan cukup besar. Dua tahun setelah resmi debut pada tahun 2008, nama IU semakin dikenal luas. Penyanyi solo berusia 26 tahun ini telah membawa nama agensi kecilnya menjadi besar dan terkenal hingga saat ini.

BINGBANG

Sudah tak asing lagi bagi penggemar idola besutan YG Entertaiment ini soal awal debut BIGBANG.  Saat debut pada tahun 2006, BIGBANG tinggal bersama di sebuah apartemen kecil dan berlatih di studio yang buruk. Sejak mendebutkan BIGBANG, YG Entertaiment mengalami pemasukan cukup pesat dan terus berkembang secara global.

MAMAMOO

Grup MAMAMOO juga terlahir dari perusahaan atau agensi kecil, RBW Entertaiment. Namun, kesuksesan MAMAMOO telah membawa agensinya semakin tumbuh dan besar. RBW Entertaiment bahkan bisa membeli sebuah bangunan yang terletak di Vietnam.

INFINITE

INFINITE mengalami proses perjuangan yang panjang sebelum terkenal hingga seperti sekarang. Tinggal di asrama yang memiliki kamar kecil, mereka bahkan rela berbagi lemari pada sesama member. 

Namun, INFINITE mampu membangun Woolim Entertaiment menjadi perusahaan terkenal seperti sekarang. 

Chungha

MNH Entertaiment bisa dikatakan beruntung memiliki Chungha. Sebab, sejak pertama debut sebagai penyanyi solo, ia dianggap sebagai salah satu solois terbaik di Korea. 

Pernah menjadi anggota grup IOI melalui program ‘Produce 101’, Chungha berhasil bawa nama MNH Entertaiment semakin dikenal.

B1A4

B1A4 pernah mengalami masa sulit sebelum debut. Mereka harus berlatih di jalanan yang memiliki penerangan bagus karena ruang latihan yang tidak memadai. 

Sejak debut, grup ini telah mencapai kesuksesan hingga WM Entertaiment mampu membeli gedung baru dan mendebutkan grup baru setelah B1A4.

Gfriend

Gfriend debut pada tahun 2015, di bawah naungan Source Music Entertaiment. Melalui keberhasilan lagu-lagu mereka, Souce Music Entertaiment dapat berkembang dan sukses seperti sekarang.

Baru-baru ini, Source Music Entertaiment telah diakuisisi oleh Big Hit Entertainment, agensi yang menaungi grup BTS. 

Apink

Cerita sebelum debut Apink sungguh mengharukan, mereka rela berlatih di ruang bawah tanah yang memiliki ukuran kecil.  Setelah debut, Apink banyak menerima cinta dari para penggemar kpop dan membantu memperluas bisnis Play M Entertaiment. 

Bahkan, Play M Entertaiment telah memiliki enam kamar yang luas dan bisa digunakan sesuka hati, semua berkas kerja keras Apink. 

BEAST dan 4Minute 

Bisa dibilang tahun 2009 adalah tahun keberuntungan bagi CUBE Entertaiment. Tahun 2009, Cube Entertaiment mendebutkan BEAST dan 4Minute, kesuksesan kedua grup ini mampu membawa perusahaan untuk memperluas bisnis dan mendebutkan artis baru.

Baca Juga: Ini Film horor yang baru dirilis iflix, ada Lampor sampai Kuntilanak 2.

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keren! 10 Idola Kpop Ini Berhasil Buat Agensinya Besar dan Sukses", 
Penulis : Firda Janati
Editor : Kurnia Sari Aziza


Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru