Ini lima tips untuk mengatasi sulit tidur di malam hari

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 08:30 WIB Sumber: Kompas.com
Ini lima tips untuk mengatasi sulit tidur di malam hari


STYLE -  Meski tubuh rasanya sudah sangat lelah, ada kalanya memejamkan mata untuk tidur terasa sulit. Tidur cukup waktu pun rasanya hanya angan-angan.

Namun tentu kebiasaan ini tak bisa dibiarkan. Sebagian orang melakukan berbagai cara demi bisa tertidur, mulai dari minum susu hangat hingga menghitung domba.

Baca Juga: Ini tips minum kopi agar lebih sehat bagi tubuh kita

Sementara itu, menurut editor Early To Rise, Craig Ballantyne, teknik 10-3-2-1-0 bisa membantumu bangun tidur tepat waktu, tidur lebih baik, bangun keesokan paginya setelah beristirahat dengan baik, dan siap untuk bertempur kembali.

Berikut cara yang bisa diterapkan:

1. 10 jam sebelum tidur: T

idak ada lagi kafein "Berhentilah minum semua minuman berkafein 10 jam sebelum tidur," saran Ballantyne.

Pasalnya, umumnya itu adalah jumlah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk membersihkannya dari aliran darah dan menghilangkan efek stimulannya.

2. 3 jam sebelum tidur: Tidak ada lagi makanan atau alkohol

"Ini akan membantumu menghindari refluks lambung dan gangguan tidur. Alkohol mungkin membuat kamu merasa mengantuk, tetapi itu justru dapat mengganggu siklus tidur alami dan mengganggu tidur nyenyak yang berharga,” jelas Ballantyne.

Baca Juga: Sulit tidur di malam hari, coba metode 4-7-8 ini

3. 2 jam sebelum tidur: Tidak ada lagi pekerjaan

 

"Akhiri semua kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan dua jam sebelum tidur," ujarnya. "Tidak perlu lagi menerima panggilan telepon, memeriksa email, membaca laporan atau memikirkan tentang hari esok."

 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru