CLOSE [X]

Ini Organ-Organ pada Sistem Pencernaan Manusia serta Fungsinya Masing-Masing

Jumat, 17 Juni 2022 | 16:07 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini Organ-Organ pada Sistem Pencernaan Manusia serta Fungsinya Masing-Masing

ILUSTRASI. Ini Organ-Organ pada Sistem Pencernaan Manusia serta Fungsinya Masing-Masing.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Di dalam sistem ini terdapat berbagai organ yang berfungsi penting dalam proses pencernaan makanan serta penyerapan nutrisi.

Di dalam organ tersebut, makanan akan diproses secara mekanik dan kimia.Proses pencernaan mekanik berupa pengolahan makanan agar berubah bentuk menjadi lebih kecil. Proses ini biasa dilakukan di mulut dan lambung. 

Daftar Isi

Proses kimia melibatkan berbagai enzim. Enzim tersebut berfungsi untuk memecah beragam zat makanan seperti lemak dan protein. 

 Jika makanan sudah diproses, tubuh bisa dengan mudah menyerap berbagai zat yang berguna untuk tubuh. 

Apa saja organ di dalam sistem pencernaan? Bersumber dari Kids Health dan National Geographic Kids, berikut merupakan organ sistem pencernaan manusia:

Baca Juga: Cara Mudah Perpanjangan SIM Online 2022 serta Biaya dan Dokumen Persyaratannya

  • Mulut

Mulut merupakan jalan masuk makanan yang pertama. Di dalam mulut terdapat sekitar 28 gigi. Gigi tersebut terbagi menjadi gigi seri, taring dan geraham. 

Gigi-gigi yang ada di mulut berfungsi untuk memotong dan menghaluskan makanan. Makanan yang halus bisa mempermudah lambung untuk memproses makanan.

Selain gigi, ada air liur dan lidah yang membantu menghaluskan makanan. Lidah akan membolak-balikkan makanan selama dikunyah. 

Air liur membantu makanan agar lebih licin. Hal ini bisa membantu makanan mudah masuk ke kerongkongan. Air liur juga mengaduk berbagai enzim yang menambah manfaat makanan.

  • Kerongkongan

Setelah makanan dikunyah, makanan akan masuk ke kerongkongan. Sistem pencernaan ini seperti jembatan penghubung mulut dan lambung. 

Di dalam kerongkongan, mulut akan didorong masuk menuju lambung. Ada banyak otot dalam kerongkongan yang membantu makanan bergerak. 

  • Lambung

Makanan yang sudah masuk ke lambung akan diproses lebih lanjut. Makanan akan dicerna dengan asam lambung. Proses kimia dan mekanik berlangsung di dalam organ ini.

Asam lambung berguna untuk memecah makanan dan membunuh bakteri. Setelah makanan menjadi lebih lembut, proses selanjutnya akan berlangsung di usus.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Melaksanakan Sedekah di Hari Jumat Menurut Dosen UM Surabaya

  • Usus

Setelah makanan di cerna di lambung, sekarang tugas usus halus untuk menyerap makanan. Usus halus bertugas menyerap zat-zat makanan yang dibutuhkan tubuh. 

Saat penyerapan berlangsung, usus halus dibantu oleh hati, pankreas, dan empedu. Tiga organ ini membantu mencerna berbagai zat yang ada di makanan.

  • Hati, pankreas, dan empedu

Tiga organ ini termasuk dalam sistem pencernaan manusia. Meskipun tidak langsung mengolah makanan, mereka membantu tubuh mencerna beberapa zat. 

Pankreas manusia memproduksi enzim yang membantu penyerapan nutrisi makanan. Organ ini juga memproduksi insulin yang berguna mengatur gula dalam darah. 

Empedu berperan penting dalam penyerapan lemak ke dalam tubuh. Selain itu, empedu juga membantu hati mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam tubuh. 

Hati memiliki peran yang beragam. Hati membantu tubuh untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya hingga mendaur ulang sel darah. 

Di dalam sistem pencernaan, hati berperan memproduksi dan menyimpan glukosa. Glukosa adalah sumber energi untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru