Musik

Ini penyanyi tanah air yang kehilangan job karena virus corona

Jumat, 27 Maret 2020 | 10:55 WIB Sumber: Kompas.com
Ini penyanyi tanah air yang kehilangan job karena virus corona

ILUSTRASI. Penyanyi Judika saat menghadiri acara konferensi pers Rising Star Indonesia di Gedung MNCTV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (6/12/2016). Momen pergantian tahun pun sering juga disebut sebagai 'lebarannya artis' karena tawaran job begitu menggiurkan ba

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona ( Covid-19) berdampak besar bagi semua bidang kehidupan, termasuk industri hiburan di seluruh dunia. Kegiatan atau acara yang bersifat mengumpulkan banyak orang pun dibatalkan atau dijadwalkan ulang karena berpotensi menyebarkan virus corona. 

Termasuk, konser musik dan pemutaran film layar lebar. Beberapa artis ikut merasakan dampaknya. Mereka banyak kehilangan pekerjaan karena acara-acara banyak dibatalkan.

Baca Juga: Film Wonder Woman 1984 tunda jadwal tayang karena virus corona

1. Judika kehilangan 18 job manggung 

Penyanyi Judika Sihotang mengaku kehilangan banyak job manggung karena social distancing. Hal itu diungkapkan Judika dan sang istri, Duma Riris Silalahi, melalui video di kanal Youtube Judika Official yang berjudul "18 EVENT DI CANCEL ?? DI KOPLOIN AJA".

"Lihat nih ya tadi sambil kamu nyanyi-nyanyi terus saya dari pagi tuh lihat WA, e-mail dari manajer, pending pekerjaan show. Ada yang ganti schedule, ada yang minta DP balik," kata Duma seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (26/3/2020) 

Duma menyebut ada 18 acara dalam tiga bulan yang dibatalkan atau dijadwalkan ulang. "Banyak banget kalau mau dibacain nih. Delapan belas event sampai hari ini dari bulan Maret April. Ada yang beberapa bulan Mei. Paling banyak bulan ini dan April," ucap Duma. 

"Ini juga ada masuk dari manajer katanya event yang di Singapura batal," Judika menimpali dengan nada santai. Meskipun demikian, Duma dan Judika sangat memahami kondisi itu dan menilai pembatalan memang harus dilakukan. 

"Kan lagi ada wabah virus corona. Jadi memang yang ngumpul-ngumpul semua dikurangin. Jadi stay di rumah sebenarnya sih kita untuk kebaikan sih, ya usdah di-pending," tutur Duma. 

"Dimundurin atau dibatalin atau ada yang DP minta dibalikin, ya harus ikhlas. Harus rela walaupun ini jumlahnya....," lanjut Duma sampil menepuk jidatnya. 

Meskipun sedih, Judika dan Duma Riris sependapat bahwa semua itu demi keselamatan dan kesehatan bersama. 

2. Yuni Shara, semua pekerjaan dibatalkan 

Hal sama juga dirasakan penyanyi Yuni Shara. Ia mengaku semua pekerjaan dibatalkan akibat wabah Covid-19. Meski begitu, kakak kandung Krisdayanti itu tetap memilih untuk melakukan social distancing karena imbauan dari pemerintah. 

"Kayak saya, kerjaan saya di-cancel semuanya. Otomatis saya enggak ada penghasilan, mau enggak mau, enggak ada pilihan, karena kita harus di rumah saja," ucap Yuni Shara seperti dikutip Kompas.com dalam tayangan YouTube-nya, Kamis (26/3/2020). 

Yuni berujar, setiap orang yang merasakan dampak ekonomi. Mereka pastinya merasa bingung dan cemas bagaimana menyambung hidup yang secara tiba-tiba tak memiliki penghasilan. 

Namun, Yuni tetap yakin, setiap rezeki orang telah diatur oleh Tuhan. "Tapi kita harus percaya, yakin, pikir yang baik-baik. Insya Allah, Gusti Allah mencukupkan rezeki kita. Saya enggak mengerti caranya bagaimana," ujarnya. 

3. Afgan tak ada jadwal manggung hingga April 

Seperti Judika dan Yuni, Afgansyah Reza juga mengalami hal serupa. Afgan mengatakan, jadwal manggungnya jadi kosong hingga bulan April 2020. 

Lima kegiatannya di luar bernyanyi di bulan Maret ini juga terpaksa dibatalkan karena imbauan social distancing. 

"Gue honestly mengalami banget impact-nya. Gue semua gigs di-cancel sampai April," kata Afgan dalam video VLIVE miliknya yang dikutip Kompas.com, Sabtu (21/3/2020). 

"Gue enggak bisa konser. Banyak yang di-cancel gue bulan ini semuanya, ada lima yang di-cancel, bulan depan sudah enggak ada apa-apa," ujar Afgan diikuti tawa. 

Afgan menuturkan, ini adalah kali pertamanya tidak memiliki kegiatan panggung selama dua bulan penuh. "Jadi gue bulan ini pertama kalinya dalam hidup gue, gue nyanyi enggak ada kegiatan satu pun dalam dua bulan, baru ini," ucap Afgan. 

Pelantun tembang "Sadis" itu juga terpaksa membatalkan keberangkatannya ke Amerika pada bulan April mendatang. "Gue juga harusnya bulan April ke Amerika ada satu project, semuanya di-cancel," kata Afgan Syahreza. 
Tetapi, Afgan Syahreza menegaskan tetap akan mematuhi aturan pemerintah demi mencegah penyebaran virus corona di Tanah Air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Deretan Musisi yang Kehilangan Job Manggung karena Pandemi Covid-19", 
Penulis : Ira Gita Natalia Sembiring
Editor : Novianti Setuningsi


Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru